Musik Metal Bisa Rusak Bangunan Museum?

by
March 21st, 2013 at 12:14 pm

London (CiriCara.com) – Salah satu museum dekorasi dan desain paling terkenal dan terbesar di London, Victoria and Albert Museum memutuskan untuk membatalkan konser yang hendak diadakan oleh band metal, Napalm Death; dengan alasan takut kalau musik keras dari grup band metal tersebut mampu meruntuhkan dinding bangunan museum yang sudah berdiri 104 tahun lalu.

Museum V&A

Seniman keramik, Keith Harrison dari Museum V&A sudah mengadakan kerjasama dengan grup band Napalm Death tersebut, untuk berkolaborasi membuat konser yang audio sistemnya melalui patung-patung alias Scuptural Sound System.

Namun, konser yang sudah dijadwalkan akan diadakan pada Jumat mendatang, harus dibatalkan karena pihak berwenang dari Museum V&A mengkhawatirkan bukan hanya patung saja yang bisa hancur tetapi seluruh bangunan museum yang sudah berumur ratusan tahun itupun juga bisa runtuh dengan tingginya intensitas suara musik metal yang akan dihasilkan nantinya.

Pihak museum memberikan keterangan lebih lanjut, seperti yang dikutip dari Reuters, bahwa tingginya tingkat desibel yang akan dihasilkan oleh konser tersebut bisa merusak kain bersejarah bangunan museum dekorasi dan desain terbesar itu.

Selain itu, pihak museum juga telah menyatakan kalau mereka memegang komitmen tinggi bahwa keselamatan pengunjung dan keutuhan bangunan adalah prioritas utama yang harus diperhatikan setiap saat.

Sedangkan dari pihak Napalm Death sendiri, mereka menyatakan sebenarnya tujuan awal diadakannya konser ini ialah sebagai proyek penggabungan antara musik metal yang keras dengan seni.

Tapi dengan keputusan dari pihak museum, band yang sudah terbentuk sejak 30 tahun lalu dan memiliki 14 album ini, terpaksa harus mengurungkan niat mereka untuk melanjutkan proyek tersebut.

(yk)

Reuters

Comment di sini