Samsung dan LG Perang Hak Paten Teknologi Eye Tracking

by
March 21st, 2013 at 4:54 pm

3-21-2013 4-42-52 PMCiriCara.com – Kian hari kian banyak saja pabrikan smartphone menuntut satu sama lain atas pasal hak cipta. Apple sebagai salah satu produsen smartphone ternama sering sekali melayangkan tuntutan pada rival-rivalnya dengan tuduhan mencuri ide yang sudah dipatenkan.

Namun kali ini kasus tuntut-menuntut ini tidak melibatkan perusahaan yang sempat memenangkan gugatan hak paten atas Samsung yang memaksa Samsung membayar ganti rugi sebesar 1 miliar Dollar AS. Kasus terbaru ini melibatkan dua produsen elektronik dan smartphone terbesar asal Korea, Samsung dan LG.

Baru saja minggu kemarin Samsung mengumumkan gadget canggih terbarunya Samsung Galaxy S IV. Galaxy S IV hadir dengan spesifikasi hardware yang memukau dan software yang fresh serta inovatif. Hardware yang super canggih ini membuatnya menjadi smartphone terbaik dalam hal kecepatan prosesor.

Di sisi software, Samsung juga memperkenalkan aplikasi bawaan yang baru dan inovatif seperti Drama Shot dan fitur Smart Pause dan Smart Scroll. Di mana fitur pintar ini bekerja dengan mendeteksi gerakan mata kita untuk secara otomatis melakukan scroll pada halaman atau pause pada video saat kita tidak sedang menatap layar.

Fitur ini, bila benar-benar berfungsi seperti seharusnya tentunya akan meningkatkan nilai jual Galaxy S4. Sayangnya fitur ini juga yang dipermasalahkan LG, di mana LG merasa Samsung telah sungguh-sungguh melanggar hak cipta teknologi eye tracking yang sudah dipantenkan LG.

Menururt laporan yang digali dari perusahaan teknologi Far East, LG mempermasalahkan pihak Samsung yang sudah melampaui batas dalam menjiplak idenya [LG]. Kini LG dengan tim hukumnya sedang menyiapkan materi dan membawa kasus ini ke meja hijau.

Memang hal ini tidak bisa diduga, sebab LG akan meluncurkan smartphone terbarunya yakni LG Optimus G Pro yang hadir dengan teknologi Smart Video dengan fitur eye-tracking yang serupa. LG mengklaim bahwa pihaknya sudah mempatenkan teknologi ini sejak Agustus 2009.

Samsung tentu saja membela diri dengan mengatakan bahwa teknologi eye tracking-nya sangat berbeda dengan teknologi yang dimiliki LG, di mana Samsung ingin menguatkan posisi bahwa ia tidak melanggar hak paten LG. Namun LG tetap bersikeras dan siap membuktikan tuduhannya. Tampaknya bila masalah ini tidak selesai secara damai, pertempuran smartphone unggulan LG dan Samsung akan diawali lebih dahulu dari pertempuran di ruang sidang.

 Samsung Galaxy S4 dan LG Optimus G Pro diperkirakan akan bertempur mulai April bulan depan saat keduanya mulai turun ke pasaran. (LH)

 Pressblue

Comment di sini