5 Keuntungan Menjalin Persahabatan Bagi Kesehatan

by
March 22nd, 2013 at 10:18 am

hubungan persahabatanCiriCara.comMenjalin persahabatan yang baik memang sesuatu hal yang menyenangkan. Dengan adanya sahabat, suka dan duka bisa kalian lewati bersama. Selain itu, sosok sahabat juga bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan bahagia ketika sedang dihadapi suatu masalah. Apakah kamu merasakan seperti itu?

Kesenangan yang didapat saat menjalin hubungan persahabatan itu ternyata berdampak baik bagi kesehatan Anda. Apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapat? Dilansir Care2.com, inilah 5 keuntungan menjalin persahabatan bagi kesehatan:

1. Menurunkan tingkat stres

Merasa kesepian bisa meningkatkan produksi hormon cortisol yang memicu stres. Untuk itu, isi hari-hari Anda dengan kegiatan yang menyenangkan, seperti berkumpul atau bercanda tawa dengan para sahabat. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah merasa kesepian dan menurunkan atau bahkan menghilangkan stres.

2. Memperpanjang usia

menjalin persahabatan

Penelitian dari Australia membuktikan bahwa usia seseorang bisa lebih panjang jika menjalin hubungan  persahabatan. Untuk itu, selalu ciptakanlah hubungan yang baik dengan para sahabat agar memperpanjang usia Anda. Jangan hanya membangun hubungan baik dengan keluarga saja, tapi Anda juga harus membina persahabatan dengan banyak orang.

3. Menjalani kebiasaan sehat

Teman atau sahabat merupakan salah satu alasan Anda untuk bisa menjalani hari-hari dengan hidup sehat. Misalnya, Anda ingin menurunkan berat badan atau berhenti merokok. Mintalah dukungan dari mereka agar bisa mencapai tujuan tersebut. Tanpa ada dukungan dari teman atau sahabat, Anda tak mungkin bisa mencapai tujuan tersebut.

4. Mencegah penyakit otak

Salah satu penyakit otak yang menggerogoti ingatan manusia adalah demensia. Akan tetapi, penelitian dari Swedia menunjukkan bahwa para lansia yang berusia 75 tahun ke atas yang tetap menjalani hubungan pertemanan berisiko lebih kecil terkena demensia. Untuk itu berapapun usia Anda, tetap jalinlah hubungan pertemanan dengan baik.

5. Mempercepat proses penyembuhan

Sakit yang diderita bisa saja cepat sembuh jika Anda bertemu dengan teman-teman dan bercanda tawa dengannya. Mengetahui ada banyak teman yang mendukung Anda, bisa mengurangi sakit yang dirasa bahkan sembuh. Hal tersebut dikarenakan Anda selalu berpikir positif hingga akhirnya tubuh menjadi terasa lebih segar dalam waktu singkat.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat jika menjalin hubungan persahabatan dengan baik. Untuk itu, ciptakan selalu hubungan baik dengan siapapun. Bila perlu, Anda harus mencari teman sebanyak-banyaknya agar selalu merasa senang setiap saat. (NR)

Comment di sini