CiriCara: Cara Hemat Membangun Rumah

by

hemat membangun rumahCiriCara.om – Seseorang yang belum atau sudah menikah mungkin memiliki impian untuk membangun rumah yang nyaman dengan uang sendiri. Namun terkadang, hal tersebut tak bisa terwujud karena terbentur dengan biaya.

Untuk membangun sebuah rumah, tentunya biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Apalagi, jika Anda menginginkan rumah itu besar dan mewah. Jangan mengkhawatirkan hal tersebut karena ada cara hemat untuk membangun rumah.

Mau tahu apa saja cara tersebut? Berikut cara hemat membangun rumah yang dicuplik dari Ideinteriorrumah.com:

1. Memastikan ukuran rumah

Pastikan ukuran rumah Anda merupakan angka genap atau kelipatan angka panjang bahan material. Angka ideal untuk baja, biasanya berukuran  meter, 6 meter, dan sembilan meter. Sementara untuk beton, kelipatan 4 meter merupakan angka yang efektif. Untuk itu, pastikan ukuran rumah yang akan dibangun disesuaikan dengan ukuran bahan-bahan tersebut agar lebih hemat dan tidak ada bahan yang terbuang.

2. Buat denah berbentuk persegi atau persegi panjang

Bentuk denah kotak atau persegi panjang jauh lebih murah dan efisien dibandingkan dengan segitiga atau bentuk bersudut lainnya. Dari sisi material bangunan, bentuk melengkung biasanya akan menyisakan bahan material yang cukup banyak.

3. Jangan memilih lahan yang miring

membangun rumah

Lokasi di mana Anda ingin membangun rumah juga sangat menentukan biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Untuk itu, jangan memilih lahan dengan kemiringan yang cukup curam karena akan menambah biaya perataan rumah.

4. Sesuaikan dengan cuaca dan iklim

Ada baiknya Anda memperhatikan bentuk struktur dan konstruksi rumah tradisional setempat. Biasanya, rumah vernakular sudah mengalami proses trial and error sehingga diperoleh desain yang paling sesuai dengan kondisi alam. Dengan begitu, Anda bisa mencontohnya agar menghemat biaya pembangunan rumah.

5. Carilah tukang atau mandor yang andal

Jika ingin menghemat biaya membangun rumah dan tak punya banyak waktu untuk mengawasinya, maka Anda harus memakai tukang atau mandor yang andal. Mungkin, upah mereka akan sedikit mahal namun biaya pembangunan jadi tidak begitu banyak.

6. Menggunakan material lokal

Untuk menghemat biaya pembangunan rumah, Anda juga disarankan untuk menggunakan bahan bangunan sederhana namun bermutu. Anda bisa menggunakan beberapa material lokal. Selain untuk menghemat energi, material lokal juga mudah ditemukan. Contoh material lokal, seperti bambu, batu bata, kayu, dan kayu kelapa.

7. Menggunakan material alternatif

Ada bahan alternatif yang lebih efektif Anda gunakan. Untuk membangun rumah, Anda juga bisa menggunakan bahan tersebut, seperti semen mortar, beton aerasi, fiber semen, dan lain sebagainya.

Itulah cara hemat membangun rumah. Degan begitu, rumah impian yang akan Anda bangun tentunya tidak mengeluarkan biaya yang begitu banyak. Semoga bermanfaat. (NR)


comments powered by Disqus