CiriCara: Cara Lacak Foto Pribadi yang Tersebar di Internet

by
March 22nd, 2013 at 3:53 pm

TinEyeCiriCara.com – Di zaman internet ini, bertukar foto dengan kawan atau keluarga, sudah menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Kita tidak perlu lagi mencetak foto, memasukkannya ke amplop, dan mengirimnya ke tujuan lewat pos, kita hanya cukup mengunggah foto tersebut ke Facebook, blog, atau media penyimpanan foto lain di internet.

Sayangnya dalam beberapa kasus, foto kita juga dapat dengan mudah diambil atau di-save dan digunakan di lain tempat tanpa izin kita. Karena begitu luasnya jaringan internet, tentunya sangat sulit mencari foto-foto kita yang sudah pernah disebarkan oleh orang lain. Namun sebenarnya ada cara mendeteksinya secara dini. Berikut ini cara lacak foto pribadi yang tersebar di internet:

1. Jalankan proses cari foto secara terbalik menggunakan situs Tineye.com. Paste-kan link foto yang ingin Anda cari dan klik “Search”. Bila ditemukan, klik hasil pencarian yang mirip dan klik “Switch” untuk melihat perbandingan foto yang Anda cari dan hasil pencarian. Tineye menampilkan alamat URL di sebelah setiap thumbnail di daftar hasil pencarian.

2. Jalankan proses yang sama namun dengan fasilitas pencarian gambar dari Google. Buka situs Google Images dan klik ikon kamera di kolom pencarian. Masukkan atau unggah alamat URL dari foto yang Anda cari dan klik “Search”. Hasil pencarian akan dibedakan menjadi dua yakni identical match atau identik dan visually similar match atau mirip saja. Lihat satu per satu untuk memeriksanya.

3. Gunakan layanan penarikan gambar berbayar seperti ImageRights. ImageRights adalah perusahaan yang bekerja dengan melacak penggunaan gambar tanpa izin dan menuntut kompensasi dari situs yang melanggar hak cipta Anda. Biaya layanan ini bervariasi, tergantung jenis layanan yang Anda butuhkan.

4. Periksa halaman statistik penyedia layanan hosting Anda.  Lihat apakah ada situs yang mengambil banyak gambar Anda, ini adalah salah satu indikasi bahwa situs tersebut menampilkan gambar dari server Anda ke situs mereka. Banyak penyedia layanan hosting dan platform blog menawarkan statistik pengunjung dan juga beberapa situs penyedia layanan hosting gambar seperti Flickr, Photobucket, dan Picasa juga menyediakan informasi mengenai siapa saja orang yang melihat gambar yang Anda hosting-kan.

Walaupun tidak mungkin untuk sepenuhnya mencegah orang untuk mengambil gambar Anda yang sudah Anda upload, ada beberapa cara membuat prosesnya lebih sulit atau membuat gambar Anda tidak menarik untuk diambil. Salah satunya adalah dengan menempelkan watermark atau tulisan di gambar Anda menggunakan aplikasi edit foto. Cara lain adalah menggunakan kode JavaScript yang mematikan fungsi klik-kanan pada mouse pengunjung situs Anda. (LH)

eHow

Comment di sini