CiriCara: Cara Memperbaiki Permasalahan Umum Pada Laptop Bag. 1

by
March 22nd, 2013 at 4:26 pm

Leeds_laptop_healthCiriCara.comLaptop kini sudah bukan menjadi barang yang istimewa karena harganya yang sudah semakin terjangkau. Kian hari semakin banyak orang yang memilih untuk menggunakannya dibandingkan dengan komputer desktop. Namun tidak semua pengguna mengerti bagaimana cara tepat menggunakan laptop dan cara mengatasi kerusakan ringan pada hardware laptop.

Berikut ini ada kumpulan permasalahan umum laptop dan cara perbaikannya:

1. Laptop tidak menyala sama sekali

Permasalahan:

Laptop Anda tidak mau menyala sama sekali saat Anda menekan tombol power walau sudah Anda sisi daya. Tidak ada reaksi sama sekali dari laptop Anda apapun tombol yang Anda tekan. Kemungkinan baterai Anda habis dan charger laptop Anda rusak atau port charger pada laptop Anda rusak dan yang paling parah, motherboard laptop Anda rusak.

Solusi:

test-power-plug

laptoprepair101

Periksa apakah ada listrik keluar dari charger Anda, bila tidak ada, kemungkinan rusak. Agar lebih nyaman beli dan ganti baru charger Anda. Bila port charger Anda rusak, Anda bisa menggantinya di tempat servis. Bila motherboard Anda rusak, lebih baik ganti laptop Anda, karena biaya perbaikan pasti mahal.

2. Laptop menyala tetapi layar kosong

Permasalahan:

Laptop menyala, lampu indikator menyala, kipas pendingin laptop berputar namun tidak ada tampilan apapun di layar. Permasalahan ini bisa terjadi karena  kerusakan RAM atau motherboard.

Solusi:

test-laptop-motherboard-10

laptoprepair101

Bongkar laptop Anda lalu cabut dan pasang RAM Anda secara pas atau cabut seluruh RAM Anda dan nyalakan laptop atau ganti keping RAM Anda dengan keping RAM yang pasti masih bekerja. Bila berhasil menyala, kemungkinan keping RAM Anda rusak dan harus diganti.

Bila dengan cara di atas tidak berhasil,Anda bisa melepas semua komponen laptop seperti hardisk, drive optical, modem, RAM, keyboard dan sebagainya hingga hampir tidak ada yang menembel di motherboard, lalu nyalakan laptop Anda. Bila laptop tidak menyala, kemungkinan motherboard Anda rusak.

3. Laptop restart terus menerus

Permasalahan:

Laptop menyala tanpa ada apapun tampil di layar lalu beberapa detik kemudian mati dan menyala lagi dan hal ini terjadi berulang-ulang hingga Anda matikan laptop ini secara manual. Hal ini terjadi kemungkinan karena ada sesuatu yang terjadi pada motherboard Anda.

Solusi:

laptoprepair101

laptoprepair101

Coba lakukan proses seperti di permasalahan nomor 2, yaitu dengan mencopot RAM dan jeroan yang lain. Bila cara ini tidak berhasil maka bisa dikatakan, permasalahan ini adalah rusaknya motherboard. Dalam beberapa kasus, karena daripada Anda memperbaiki motherboard atau menggantinya dengan yang baru, Anda lebih baik ganti laptop saja karena harga motherboard yang tinggi.

4. Laptop mengeluarkan suara bising saat digunakan

Permasalahan:

Laptop berjalan normal namun dari dalam laptop terdengar suara bising berderik dan berkerit terus menerus. Hal ini bisa disebabkan kipas pendingin dalam laptop atau hardisk.

Solusi:

laptoprepair101

laptoprepair101

Periksa asal bunyi bising tadi dengan mematikan laptop dan menyalakannya lagi, kali ini dengarkan dari bagian bawah laptop, bila suara berisik tersebut datang sewaktu kipas pendingin menyala, kemungkinan kipas pendingin laptop rusak atau ada bagian yang pecah atau patah. Bila bukan dari untuk memastikannya Anda bisa mencopot hardisk dan nyalakan laptop Anda lagi, bila suara bising tetap ada, memang benar kerusakan terletak pada kipas. Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

5. Laptop hang atau shut down dengan sendirinya

Permasalahan:

Laptop berjalan dengan normal namun tiba-tiba mati dengan sendirinya atau hang tanpa ada peringatan apapun. Bila hal ini terjadi dan Anda rasa laptop Anda terasa lebih panas dari biasanya, kemungkinan laptop Anda dalam kondisi terlalu panas dan mungkin disebabkan oleh kurangnya ruang bernafas.

Solusi:

clean-heatsink-cooling-fan-01

laptoprepair101

Ikuti panduan cara menggunakan laptop yang tepat. Letakkan laptop di tempat yang keras dan datar. Posisikan sebisa mungkin Anda tidak menutupi bagian bawah laptop karena itu adalah organ pernafasannya. Bersihkan kipas dan penyerap panas untuk hasil yang lebih maksimal.

6. Baterai laptop tidak terisi secara maksimal

Permasalahan:

Baterai laptop ti terisi daya dengan sempurna atau tidak mau di isi sama sekali. Kemungkinan baterai atau charger Anda sudah rusak atau yang paling parah motherboard Anda rusak.

Solusi:

laptoprepair101

laptoprepair101

Coba ubah posisi charger dan goyangkan ujung penghantar daya yang menancap pada port pengisian daya. Bila tidak bisa coba baterai atau charger lain, bila bisa berarti salah satunya rusak dan harus diganti. (LH)

Laptop repair 101