CiriCara: Cara Memperbaiki Permasalahan Umum Pada Laptop Bag. 2

by
March 22nd, 2013 at 5:01 pm

woiurlCiriCara.com – Pada artikel cara memperbaiki permasalahan umum pada laptop bagian pertama sudah dibahas 6 permasalahan umum pada laptop dan cara memperbaikinya. Kini pada bagian kedua dilanjutkan lagi dengan 6 permasalahan umum laptop berikutnya. mari kita simak bersama-sama:

7. Layar tidak terang walau gambar tampil

Permasalahan:

Laptop berjalan normal tetapi sesaat lampu layar mati, gambar tetap keluar namun sangat gelap. Kemungkinan komponen screen inverter atau lampu layar rusak. Indikasi kerusakan dua komponen ini memang sangat mirip.

Solusi:

laptop-ccfl-3

laptoprepair101

Untuk memperbaiki permasalahan ini secara efektif, Anda butuh sebuah komponen inverter atau lampu backlight yang masih bekerja dengan baik. Karena proses perbaikan ini terlalu riskan, maka ada baiknya Anda menyerahkan kepada yang lebih ahli.

8. Laptop menampilkan gambar yang aneh dan kacau

Permasalahan:

Laptop berjalan normal, tetapi gambar yang tampil di layar rusak dan kacau. Kemungkinan permasalahan datang dari kartu grafis.

Solusi:

strange-colors-on-screen-01

laptoprepair101

Periksa dengan menyambungkan laptop Anda ke monitor eksternal, bila Anda melihat hal yang sama pada monitor tersebut, maka bisa dipastikan permasalahan terletak pada kartu grafis laptop dan mungkin harus diperbaiki atau diganti bila tidak bisa diperbaiki.

Bila ternyata di monitor lain gambar tampil dengan jelas, maka kemungkinan permasalahan terletak pada koneksi antara kabel video dan motherboard bermasalah atau bisa juga layar LCD yang rusak.

9. Beberapa tombol keyboard tidak berfungsi

Permasalahan:

Laptop berjalan dengan lancar namun beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi atau berfungsi tidak seharusnya. Kemungkinan kerusakan terjadi pada keyboard atau sambungan fleksibel keyboard.

Solusi:

laptoprepair101

laptoprepair101

Beberapa jenis keyboard laptop tidak bisa diperbaiki, bila memang kerusakan sudah terlalu parah lebih baik mengganti seluruh panel keyboard.

10. Tombol keyboard lepas dari rumahnya

Permasalahan:

Tombol keyboard lepas dari dudukan keyboard kadang terjadi karena kendurnya pengikat tombol keyboard seiring pemakaian.

Solusi:

laptoprepair101

laptoprepair101

Selama engsel tombol tidak patah, keyboard masih bisa diperbaiki tanpa harus mengganti seluruh papan keyboard.

11. Laptop memunculkan suara beep terus menerus

Permasalahan:

Saat Anda nyalakan laptop, tidak ada yang tampil dilayar dan hanya terdengar suara beep berulang-ulang. Masalah ini akan hilang bila Anda tekan sembarangan beberapa tombol keyboard.

Solusi:

laptoprepair101

laptoprepair101

Kemungkinan Ada tombol yang tersangkut pada keyboard karena kemasukan kotoran atau memang sudah rusak. Solusinya adalah dengan memeriksa tombol yang menyebabkan ini atau membersihkan seluruh bagian keyboard. Bila tidak bisa diperbaiki, lebih baik diganti saja.

12. Cairan tumpah di laptop

Permasalahan:

Laptop berhenti bekerja atau mati saat ketumpahan cairan.

Solusi:

laptop-liquid-spill-fix-07

laptoprepair101

Bila hal ini terjadi, secepatnya matikan laptop dan lepas alat apapun yang menancap pada laptop, termasuk baterai. Bila Anda bisa, bongkar laptop dan keringkan semua cairan dari dalam laptop. Setelah sudah pasti kering, Anda bisa mencoba menyalakannya kembali.

Perangkat laptop memang lebih riskan rusak dan lebih susah untuk diperbaiki, namun salah satu keunggulan laptop yang membuatnya banyak digunakan, yaitu karena ia ringkas. Kini pun sudah banyak laptop-laptop dengan fungsi seperti desktop, seperti laptop gaming atau laptop dengan spesifikasi tinggi yang diperuntukkan untuk bekerja berat seperti desain grafis, edit video, dan game. (LH)

Laptop repair 101

Comment di sini