CiriCara: Ciri-ciri Sakit Amandel pada Anak

by
March 22nd, 2013 at 2:56 pm

amandel pada anakCiriCara.com – Amandel merupakan suatu bagian dari jaringan limfa yang terletak di kedua sisi bagian belakang tenggorokan. Amandel ini akan mengalami pembesaran atau radang jika terjadi infeksi baik dari bakteri ataupun virus. Namun, amandel akan kembali ke bentuk semula jika sudah tidak ada infeksi.

Sakit amandel bisa menyerang siapa saja. Akan tetapi, biasanya anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD) yang lebih sering mengalaminya. Gejala awal yang ditunjukkanya adalah sakit tenggorokan. Selain itu, ada ciri-ciri lain yang ditunjukkan jika si anak sakit amandel.

Berikut ciri-ciri sakit amandel pada anak:

1. Sakit tenggorokan

Si anak merasakan sakit pada tenggorokannya lebih dari 48 jam. Selain itu, rasa sakit ini juga disertai dengan sulit menelan. Jika si anak sudah menunjukkan ciri tersebut, maka Anda patut waspada karena bisa jadi si anak sakit amandel.

2. Amandel membesar

Thinkstockphotos

Thinkstockphotos

Tenggorokan berwarna merah disertai dengan amandel yang membesar atau bisa juga terlihat titik putih pada daerah amandel. Jika sudah begitu, maka Anda harus segera mencegah anak untuk tidak meminum es dahulu.

3. Demam

Demam dengan suhu tinggi merupakan salah satu gejala amandel akut. Untuk menurunkannya, Anda disarankan menyuruh anak untuk banyak meminum air putih. Jika tak kunjug turun, maka bawalah segera ke dokter.

4. Sakit kepala

Selain demam, si anak juga akan merasakan sakit kepala.

5. Ada pembengkakan

Terlihat ada pembengkakan pada kelenjar getah bening di bawah rahang dan leher.

6. Perubahan suara

Suara anak berubah menjadi serak-serak atau kehilangan suara.

Jika ciri-ciri tersebut tidak hilang dalam waktu 3 hari, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Radang amandel bisa disebabkan karena infeksi oleh virus (coxsackie virus, adenovirus, atau Epstein-Barr virus) atau bakteri yang kebanyakan dari Group A Streptococcus.

Biasanya, sang dokter akan memberikan antibiotik jika sakit amandel itu disebabkan oleh bakteri. Jika disebabkan karena virus, maka si anak akan disuruh untuk mengonsumsi banyak air putih dan mengonsumsi makanan yang lunak untuk mengurangi gejala yang dirasa.

Bagaimanapun juga jika amandel si anak sudah terlalu besar, maka sebaiknya segera diobati atau melakukan operasi. Jika dibiarkan begitu saja, maka bisa mengganggu perkembanagan anak. Selain menurunkan kecerdasannya, hal tersebut juga bisa timbul komplikasi ringan bahkan menularkan penyakit pada orang lain. (NR)

Comment di sini