MKRI: Aksi 25 Maret 2013 Bukan untuk Kudeta SBY

by
March 22nd, 2013 at 11:13 am

Jakarta (CiriCara.com) – Isu penggulingan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan rezimnya pada tanggal 25 Maret 2013 nanti semakin memanas.

Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) dituding menjadi salah satu pihak yang akan menggelar aksi besar-besaran untuk menuntut mundurnya Presiden SBY.

Zimbio

Zimbio

“Tidak ada peraturan yang mengatakan menggulingkan pemerintahan itu melanggar konstitusional. Asal tindakan itu didukung oleh rakyat. Ini bukan tentang SBY, ini tentang negara Indonesia,” kata Adhie Massardi, Sekjen dari MKRI, Senin, 18 Maret 2013 kepada Okezone.com.

Pusat kegiatan tersebut bahkan sudah direncanakan di depan Istana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Erwin Usman, sebagai anggota Presidium MKRI, juga mengatakan bahwa aksi tersebut bahkan akan diramaikan oleh simpatisan yang berasal dari 17 provinsi dan sudah disiapkan sejak empat bulan yang lalu.

Kepada Tempo.co, Erwin mengatakan bahwa aksi tersebut hanyalah awal dari serangkaian unjuk rasa yang akan dilakukan selanjutnya.

Walau begitu Erwin memastikan bahwa aksi tersebut bukan untuk mengkudeta SBY karena MKRI tidak punya kekuatan yang besar untuk melakukan kudeta. Aksi itu dilakukan hanya untuk mendorong pergantian pemerintah melalui percepatan pemilihan umum saja.

Menurut MKRI, ada lima tuntutan yang akan dilayangkan. Tuntutan pertama adalah meminta pemerintah menasionalisasi tambang minyak dan gas. Tuntutan kedua, mereka meminta pemerintah untuk menurunkan harga kebutuhan pokok. Tuntutan ketiga, menghentikan impor kebutuhan masyarakat.

Tuntutan kelima, MKRI meminta pemerintah menuntaskan kasus korupsi yang berhubungan dengan orang-orang di sekitar Istana Negara. Dan tuntutan terakhir adalah meminta pemerintah menghentikan konflik agama, suku, dan ras.

Aksi MKRI ini sempat dianggap sebagai upaya untuk mengkudeta pemerintahan SBY. Isu ini bahkan sempat dibenarkan oleh Marciano Norman selaku Kepala Badan Intelijen Negara.

Ia mengaku bahwa institusinya telah mengetahui rencana aksi unjuk rasa besar-besaran untuk menggulingkan Presiden SBY pada hari Senin, 25 Maret 2013 mendatang.

Walau isu ini telah beredar luas dan seakan-akan menjadi sebuah ancaman baru, namun Erwin memastikan bahwa MKRI akan melakukan aksi unjuk rasa secara damai. Aksi tersebut juga diklaim telah banyak didukung oleh para politisi. (RN)

Comment di sini