10 Keunggulan Galaxy S4 Dibanding iPhone 5

by
March 25th, 2013 at 4:17 pm

Samsung_Galaxy_S4_vs_Apple_iPhone_BEST_contentfullwidthCiriCara.comSamsung telah resmi mengumumkan Samsung Galaxy S4-nya beberapa waktu yang lalu di New York dan hal ini memicu kegaduhan di antara penggila gadget karena Galaxy S4 adalah merupakan ponsel tandingan Apple iPhone 5. Galaxy S4 dipersenjatai dengan perangkat lunak dan perangkat keras terkini seperti kamera 13 MP dan teknologi eye tracking yang memungkinkan penggunanya mengoperasikan smartphone ini tanpa menyentuhnya.

Sedangkan di sisi lain, walau Apple iPhone 5 tetap mengagumkan, namun secara hardware tidak bisa menandingi Galaxy S4. Apa sajakah kelebihan Samsung Galaxy S4 dibandingkan Apple iPhone 5? Berikut ini 10 keunggulan Galaxy S4 dibanding iPhone 5:

1. Prosesor Galaxy S4 lebih cepat

benchmark-s4-htc-one-iphone-5

Samsung Galaxy S4 hadir dengan prosesor quad core dan bahkan ada seri yang hadir dengan prosesor octa core. Sedangkan iPhone 5 hanya memajang prosesor dual core. Benchmark prosesor telah dilakukan pada hampir semua smartphone kelas atas termasuk Galaxy S4 dan iPhone 5. Hasilnya menunjukkan bahwa Galaxy S4 hampir dua kali lebih cepat daripada iPhone 5.

2. Layar Galaxy S4 lebih lebar

heres-the-galaxy-s4-next-to-the-iphone-5-the-gs4s-screen-is-a-full-inch-larger

Galaxy S4 memajang layar luas berukuran 5 inci, sedangkan iPhone 5 hanya memasang layar dengan ukuran 4 inci. Walaupun layar 4 inci sudah cukup nyaman tapi tentunya untuk aktifitas memutar video, browsing, edit gambar, dan sebagainya lebih nyaman jika di layar yang lebih besar.

3. Software dan hardware kamera Galaxy S4 lebih canggih dan inovatif

the-galaxy-s-4-has-better-camera-software

Di luar sisi software, Galaxy S4 memamerkan kamera dengan kualitas 13 MP, di mana iPhone 5 hanya hadir dengan kamera 8 MP saja. Di sisi software, Galaxy S4 memiliki bebrerapa fitur yang inovatif, yang membuat penggunanya terlihat seperti fotografer profesional.

4. Galaxy S4 lebih serbaguna

the-galaxy-s-4-is-more-versatile

Galaxy S4 berjalan dengan firmware Android terkini yang jelas lebih bisa diubah suai daripada iOS pada iPhone 5. Selain kegunaannya sebagai smartphone, Galaxy S4 juga bisa berfungsi sebagai pengendali atau remote TV Samsung, tentu saja yang kompatibel.

Haydn Shaughnessy dari Forbes menyatakan bahwa “Di situs Samsung, tertera bahwa smartphone ini mampu memberikan saran mengenai channel TV yang mungkin kita sukai berdasarakan minat kita. Smartphone ini juga menyediakan jadwal program acara dan penjelajahan channel. Bahkan Galaxy S4 bisa menjadi remote control TV dan juga perangkat TV yang lain.”

5. Galaxy S4 hadir di semua operator seluler utama termasuk T-Mobile

3-25-2013 3-34-49 PM

Operator seluler utama seperti Sprint, Verizon, AT&T, Cricket, dan T-Mobile sudah siap meluncurkan Galaxy S4 versinya. Belum lagi operator-operator kecil yang juga sudah menjalin kerjasama dengan Samsung untuk meluncurkan perangkat ini hingga membuat Galaxy S4 tersedia bagi seluruh pengguna operator seluler yang berbeda-beda.

Di sisi lain iPhone 5 tidak memiliki jangkauan operator seluler sebanyak Galaxy S4 di mana membuat pengguna operator seluler tertentu tidak dapat menikmati smartphone besutan Apple ini.

6. Galaxy S4 memiliki layar lebih tajam

3-25-2013 3-37-43 PM

Dengan layar lebih besar tidak menjadikan Galaxy S4 kurang dalam ketajaman layar dibanding iPhone 5. Bahkan layar Super AMOLED Galaxy S4 lebih tajam dengan resolusi HD 1920×1080 hingga memiliki 441 pixel setiap incinya. Sedangkan iPhone 5 hadir dengan resolusi 1136×640 ketajaman 326 pixel setiap incinya.

7. Google Now jauh lebih maju dibanding Siri

20120826225537_83096

Sebenarnya ini adalah fitur Android, namun juga menjadi salah satu alasan mengapa Galaxy S4 lebih baik dari iPhone 5. Google Now adalah asisten pribadi yang menjadi fitur bawaan Android 4.1 Jelly Bean. Aplikasi ini menggunakan informasi yang tercantum pada perangkat Android guna menyediakan Informasi yang relevan dari internet seperti rute Anda bekerja, pilihan jalan yang bisa membuat Anda bisa lebih cepat sampai tujuan, dan sebagainya.

Bila Anda akan melakukan penerbangan, Google Now akan menyediakan informasi mengenai cuaca di kota tujuan Anda dan banyak hal lain yang tidak bisa dilakukan Siri.

8. Galaxy S4 memiliki RAM lebih besar

iphone-5-vs-galaxy-s4-7

Galaxy S4 dilengkapi dengan RAM sebesar 2 GB, di mana akan membuat penggunaan secara keseluruhan maupun untuk melakukan aktifitas secara spesifik lebih cepat. Dengan RAM 2 GB kita dapat membuka  aplikasi lebih banyak secara bersamaan, dapat membuka tab pada browser lebih banyak tanpa harus memikirkan kecepatan akan melambat. iPhone 5 hanya didorong dengan RAM separuh Galaxy S4 yakni 1 GB saja.

9. Baterai Galaxy S4 mudah diganti

the-galaxy-s-4-has-a-removable-battery

Kelihatannya ini memang sederhana tapi sesungguhnya mempengaruhi penggunaan gadget Anda. Dengan baterai yang dapat dicopot-pasang dengan mudah, Anda bisa membeli baterai cadangan untuk jaga-jaga pada saat penting bila baterai Anda habis dan tidak ada lokasi untuk mengisi daya, Anda tetap bisa menggunakan gadget Anda.

Dengan Galaxy S4 Anda tidak perlu pergi ke pusat servis Samsung untuk mengganti baterai Anda bila baterai Anda habis atau suatu waktu baterai Anda sudah rusak dan ingin menggantinya dengan yang baru. Tinggal buka penutup belakang ponsel dan lepas baterai. Hal ini tidak terjadi dengan perangkat iPhone 5, di mana baterai sudah tertanam erat di dalam ponsel hingga Anda terpaksa harus ke pusat servis untuk menggantinya.

10. Galaxy S4 memiliki slot kartu memori

users-can-expand-the-galaxy-s-4s-storage

Tidak seperti iPhone 5 yang media penyimpanannya tidak bisa ditambah, Galaxy S4 bisa menambah daya simpan datanya menggunakan slot kartu memori Micro SD yang mendukung hingga 64 GB. Dengan slot kartu memori ini tentunya pengguna akan lebih leluasa dalam menyimpan data pada ponsel pintar tanpa takut kehabisan.

10 alasan Galaxy S4 lebih baik dari iPhone 5 ini mungkin bisa menjadika referensi bagi Anda yang bingung dalam memilih smartphone. iPhone 5 pun memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki Galaxy S4 yang membuatnya memiliki banyak penggemar setia. (LH)

Business Insider

Comment di sini