5 Pasukan Khusus Paling Berbahaya di Dunia

by

CiriCara.com – Di setiap negara-negara di dunia tentu ada pasukan pengamanan khusus dalam satuan pertahanan negara. Dan dari antara banyak pasukan khusus yang dimiliki oleh setiap negara, tercatat ada 5 pasukan yang terkenal paling berbahaya di dunia.

Berikut daftar kelima pasukan paling berbahaya tersebut:

1. U.S Navy SEAL

US Navy Seal

Ini merupakan satuan pasukan khusus angkatan laut Amerika Serikat yang dituntut untuk harus bisa beroperasi melalui jalur laut (Sea), udara (Air), dan darat (Land). Pasukan ini disiapkan untuk melakukan serangan khusus, pertahanan dalam negeri, terorisme, dan operasi perang lainnya. Dan operasi yang terkenal adalah operasi khusus yang diperintahkan oleh Presiden Obama untuk membunuh Osama bin Laden di Pakistan, dan pasukan U.S Navy SEAL itu juga membunuh perompak Somalia.

2. Alfa Group

Alpha Group

Satuan pasukan milik Rusia ini sudah terbentuk sejak tahun 1974. Alpha Group adalah nama terkenal versi bahasa Inggrisnya, padahal nama resmi dari pasukan berbahaya milik Rusia ini ialah “Directorate A”. Pasukan ini tetap bertahan meski Uni Soviet hancur dan terpecah-pecah. Operasi yang terkenal ialah di tahun 2004, pasukan ini berhasil membebaskan 1.200 sandera ketika seisi Sekolah Beslan disandera oleh kelompok separatis Chechen.

3. Kaibiles

Kaibiles Guatemala

Ini adalah operasi pasukan khusus yang dibentuk oleh kemiliteran Guatemala yang juga didirikan pada tahun 1974. Mereka ahli dalam operasi penyerangan perang hutan dan operasi pemberontakan. Operasi khusus mereka yang terkenal ialah serangan di Kongo yang menewaskan 8 anggota pasukan Kaibiles dan 5 orang terluka parah. Kabarnya serangan itu ialah bagian dari serangan penjaga perdamaian untuk PBB.

4. Sayeret Matkal

Sayeret Matkal Israel

Satuan pasukan yang bernama Sayeret Matkal ini merupakan unit pasukan khusus yang didirikan Israel Defense Forces (IDF). Pasukan paling berbahaya milik Israel ini sangat ahli dalam seni bela diri, dan pasukan tentara kecil. Operasi terkenal yang dilakukan oleh pasukan khusus ini ialah misi penyelamatan ratusan sandera yang terjebak dalam pesawat Air France 139 di Bandara Entebbe, Uganda pada tahun 1976.

5. Kopassus

Kopassus

Kopassus memiliki kepanjangan Komando Pasukan Khusus. Pasukan ini juga merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kopassus berdiri sejak 1952 dengan operasi terkenalnya ialah melakukan operasi eksekusi cepat pada tahun 1981 ketika kelompok ekstremis Islam membajak pesawat Garuda dengan nomor penerbangan 206. Dalam operasi yang dilakukan di darat itu, Kopassus berhasil membebaskan 50 sandera sekaligus membunuh 3 pembajak.

Itulah 5 pasukan paling berbahaya di dunia yang dimiliki oleh masing-masing negara.

(yk)


comments powered by Disqus