CiriCara: Cara Diet Sehat untuk Anak Obesitas

by
March 25th, 2013 at 2:35 pm

diet untuk anak obesitasCiriCara.com – Sering memberikan makan kepada anak boleh-boleh saja, namun makanan itu harus yang sehat. Jangan terlalu banyak memberikan anak makanan cepat saji atau jajanan berpengawet karena memperbesar risiko obesitas.

Bukan hanya orang dewasa, obesitas pada anak juga memicu banyak kerugian bagi kesehatan. Untuk itu, anak Anda harus segera keluar dari jeratan obesitas. Anda harus memberikan makanan sehat dan bergizi untuknya setiap hari.

Dilansir Boldsky.com, berikut cara diet sehat untuk anak obesitas:

1. Sarapan dengan menu yang sehat

Jika ingin menurunkan berat badan anak yang obesitas, maka Anda juga harus memberikan menu makan yang sehat untuk sarapannya. Sarapan merupakan hal penting untuk membuka pagi anak Anda. Anda bisa memberikan satu mangkuk sereal dengan susu skim yang tidak mengandung lemak untuk menu sarapannya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan buah apel atau pisang.

2. Meminum jus sehat

makanan sehat untuk anak

Selain memberikan sarapan sehat, Anda juga bisa menambahkan minuman sehat untuknya. Minuman sehat itu yaitu jus buah-buahan. Berikan si anak jus jeruk, semangka, apel, atau anggur setiap paginya. Ketahuilah bahwa segelas jus setiap hari merupakan menu sarapan sehat untuk anak-anak yang mengalami obesitas.

3. Mengonsumsi sayur-sayuran

Sebagian besar anak tak menyukai sayur-sayuran dikarenakan rasanya yang hambar. Agar si anak menyuka makanan sehat ini, Anda bisa memutar otak saat memasaknya. Misalnya, semua sayuran itu dijadikan salad, dimasukkan ke dalam sandwich, atau membuatkannya sup.

4. Memberikan makanan ringan yang sehat

Untuk menurunkan berat badan si anak, Anda juga bisa memberikan camilan sehat untuknya. Dua potong roti gandum yang diisi mentimun, tomat, bawang bombay, dan salada bisa Anda berikan untuk si anak. Camilan tersebut berisi dan bergizi untuknya. Selain itu, Anda juga bisa membuatkan minuman manis yang menggunakan madu atau pemanis rendah gula.

5. Mengajaknya berolahraga

Diet dengan mengatur menu dan pola makan saja tidak cukup. Untuk itu, Anda harus mengajak si anak untuk berolahraga. Ajaklah si anak berenang, bermain basket, atau olahraga lain yang disukainya secara teratur. Cara ini bukan hanya untuk menurunkan berat badannya, tapi juga bisa membuat si anak senang.

Itulah cara diet sehat untuk anak obesitas. Jika si anak sudah memiliki berat badan berlebihan, maka alangkah baiknya segera terapkan hidup sehat untuknya. Ketahuilah bahwa obesitas bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya. (NR)

Comment di sini