CiriCara: Cara Menciptakan Tidur Berkualitas

by
March 25th, 2013 at 11:00 am

tidur nyenyakCiriCara.com – Tidak semua orang memiliki tidur yang berkualitas setiap malamnya. Malahan, ada beberapa orang yang tidak bisa tidur pada malam hari dan siang hari yang biasa disebut juga dengan sebutan insomnia. Hal tersebut bisa saja Anda alami jika tidak memiliki pola tidur dan pola hidup yang sehat.

Padahal, kurang tidur dan memiliki gaya hidup yang tidak sehat bisa mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Selain itu, hal tersebut juga bisa membuat Anda merasa tidak semangat untuk melakukan aktivitas pada pagi hari. Jika sudah begitu, maka akan membuat Anda malas sepanjang hari sehingga bisa membuat kesehatan terganggu.

Bagi Anda yang memiliki gangguan tidur, sebaiknya segera atasi permasalah itu jika tak ingin mengalami gangguan kesehatan. Ciptakanlah selalu tidur yang berkualitas pada malam hari agar tubuh selalu sehat dan bugar. Dilansir dari Boldsky.com, berikut cara menciptakan tidur berkualitas:

1. Makan 2-3 jam sebelum tidur

Makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum waktu Anda tidur. Selain itu, pastikan Anda memilih makanan ringan yang mudah dicerna dan sehat untuk tubuh, seperti kedelai, gandum utuh, sayuran, dan buah-buahan. Jangan memakan cokelat, keju, kentang goreng, dan makanan yang banyak mengandung gula karena membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak.

2. Jangan mengonsumsi kafein

Jika ingin tidur berkualitas, maka hindari untuk mengonsumsi kafein. Jangan mengonsumsi kafein 5-6 jam sebelum tidur karena membuat Anda terjaga selama 10-12 jam.

yoga sebelum tidur

3. Jangan meminum berlebihan sebelum tidur

Hindari meminum cairan, seperti jus atau air putih yang berlebihan sebelum tidur. Kebiasaan tersebut bisa membuat Anda sering buang air kecil pada malam hari yang bisa mengganggu tidur.

4. Jangan mengonsumsi alkohol

Untuk mengobati gangguan tidur, jangan mengonsumsi alkohol sebelum tidur. Sebagian besar orang berpikir bahwa alkohol bisa membantu tidur jadi lebih mudah. Namun, akibat alkohol kualitas dan kuantitas tidur malah bisa berkurang. Selain alkohol, merokok sebelum tidur juga bisa menyebabkan masalah tidur.

5. Ciptakan suasana tenang dan rileks

Anda bisa memberikan tekanan ringan pada mata dengan mengurangi cahaya di ruangan, tidak menonton televisi, atau bekerja dengan di depan laptop. Sebelum tidur, alangkah baiknya membaca novel kesukaan untuk bersantai dan membuat mood Anda menjadi lebih tenang saat tidur.

6. Kurangi kebisingan di rumah

Ketahuilah bahwa kebisingan bisa membuat Anda sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Untuk itu, pastikan Anda merasa santai sebelum tidur pada malam hari. Tujuannya adalah agar tidur Anda berkualitas sehingga merasa segar pada pagi harinya.

7. Latihan pernapasan

Cobalah untuk melakukan beberapa latihan pernapasan atau yoga sebelum tidur. Latihan tersebut bisa melemaskan otot-otot, tubuh, dan pikiran untuk mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas. Selain itu, cara tersebut juga bisa menyembuhkan seseorang yang memiliki gangguan tidur.

Itulah cara menciptakan tidur berkualitas dan menyembuhkan gangguan tidur. Tetap tidur dan bangun di waktu yang telah Anda tentukan untuk membantu menjaga kebiasaan tidur yang sehat. Bagaimanapun juga, kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah pada kesehatan. (NR)

Comment di sini