CiriCara: Cara Mudah Hemat Energi di Rumah

by
March 25th, 2013 at 4:12 pm

hemat energi di rumahCiriCara.com – Energi memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai hal, termasuk kehidupan rumah tangga. Namun sayangnya, masih banyak orang yang menyalahgunakan pengunaannya untuk kepentingan pribadi. Beberapa dari mereka masih menggunakan listrik dengan boros tanpa memikirkan alam.

Ketahuilah bahwa menyalahgunakan dan menggunakan listrik dengan boros akan berakibat pada habisnya sumber energi di alam dan meyebabkan perubahan iklim drastis seperti sekarang ini. Padahal, banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda bisa menghemat energi yang digunakan.

Untuk itu, mulailah menghemat energi di rumah. Dilansir Thedailygreen.com, berikut cara mudah hemat energi di rumah:

1. Menyalakan lampu seperlunya

Mungkin Anda pernah dimarahi oleh orangtua karena lupa mematikan lampu setelah meninggalkan rumah. Hal tersebut bukan karena orangtua Anda pelit, namun demi kepeduliannya terhadap alam. Selain itu, jangan lupa untuk mematikan lampu pada siang hari dan maksimalkan penggunaan cahaya alami saja.

2. Memakai lampu hemat energi

hemat energi

Saat ini banyak toko elektronik yang menjual lampu hemat energi. Pemakaian lampu hematt energi bisa menghemat pemakaian listrik yang cukup signifikan. Untuk itu, gantilah semua lampu di rumah Anda dengan lampu hemat energi.

3. Memakai komputer seperlunya saja

Komputer nampaknya jadi kebutuhan sehari-hari bagi penggunanya. Bahkan, komputer tetap menyala mulai pagi hingga malam hari. Ketahuilah bahwa komputer juga perlu beristirahat sama seperti manusia. Untuk itu, matikan komputer jika sudah tidak dipakai selama lebih dari 20 menit. Selain untuk menghemat energi, cara ini juga bisa memperpanjang hidup komputer Anda.

4. Lebih baik laptop daripada komputer

Laptop hanya menggunakan 15 sampai 25 watt listrik. Sementara komputer biasanya menghabiskan 150 watt. Untuk itu, saat bekerja lebih baik Anda menggunakan laptop saja dibandingkan dengan komputer.

5. Membawa tas saat belanja

Pada saat belanja ke pasar atau pasar swalayan, Anda disarankan untuk membawa tas sendiri saja dari rumah daripada menggunakan kantong plastik yang tak bisa terurai. Selain itu, berjalan kakilah saat menuju ke sana jika memungkinkan. Selain untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, berjalan kaki juga bisa mengurangi kemaacetan dan polusi.

Itulah cara mudah menghemat listrik di rumah. Mulai saat ini, gunakanlah energi seefisien mungkin agar bumi tetap ramah pada manusia. Bagaimana, Anda mau mulai berhemat energi saat ini?

(NR)

Comment di sini