Heboh Demo Kudeta, SBY Tetap Temui Presiden Liberia

by
March 25th, 2013 at 2:29 pm

ciricara.com-presiden sbyJakarta (CiriCara.com) – Di tengah berbagai isu kudeta yang akan ditujukan untuk melengserkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, hari ini, Senin, 25 Maret 2013, Presiden dijadwalkan menerima kunjungan kehormatan dari Presiden Liberia, Ellen Johnson Sirleaf di Istana Merdeka.

Seperti dilansir Republika.co.id, kunjungan ini telah dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB tadi. Kedua pimpinan negara melakukan pembicaraan bilateral dan penandatanganan kerja sama dalam sejumlah bidang.

Teuku Faizasyah selaku Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional mengatakan bahwa fokus utama dari pembahasan pertemuan bilateral itu adalah untuk mengevaluasi tindak lanjut berbagai kesepakatan yang diraih dalam kunjungan kenegaraan Presiden SBY ketika berkunung ke Monrovia, Liberia, Januari 2013 lalu.

Dalam kunjungan tersebut, kedua Kepala Negara telah bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi serta kerja sama teknis lewat pelatihan peningkatan kapasitas.

“Kunjungan Presiden Liberia ke Indonesia, akan memberi kesempatan bagi kedua kepala negara untuk mencermati kemajuan implementasi berbagai kesepakatan yang dicapai sewaktu kunjungan Presiden SBY ke Monrovia, pada 31 Januari 2013. Hal ini penting artinya untuk memastikan bahwa kerja sama ke depan di antara kedua negara telah berjalan di jalur yang benar sehingga dapat dioptimalkan,” kata Faizasyah seperti dikutip oleh Republika.co.id.

Menurutnya, peningkatan interaksi antara Indonesia dengan negara-negara Afrika adalah langkah strategis untuk mengupayakan kedekatan historis Indonesia dengan Afrika yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Presiden Liberia juga akan bertolak ke Bali untuk menghadiri High Level Panel on Post-2015 Development Agenda serta membahas berbagai agenda penting lainnya.

Sementara itu, agenda demo kudeta SBY yang rencananya akan dilaksanakan hari ini telah digantikan dengan acara bakti sosial. Salah satu pihak yang dituding menjadi dalang demo penggulingan kekuasaan SBY, Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) telah melaksanakan acara bakti sosial yang diselingi dengan acara seni seperti pembacaan puisi. (RN)

Comment di sini