Rasyid Rajasa Divonis 5 Bulan Penjara, Denda Rp 12 Juta

by
March 25th, 2013 at 3:10 pm

SIdang Rasyid RajasaJakarta (CiriCara.com) – Pengadilan Negeri Jakarta Timur akhirnya menjatuhkan vonis 5 bulan penjara kepada tersangka kasus kecelakaan BMW maut, Rasyid Amrullah Rajasa. Anak dari Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa ini terbukti melanggar peraturan berkendara.

“Menyatakan terdakwa divonis 5 bulan penjara dengan masa percobaan 6 bulan,” kata Ketua Majelis Hakim Suharjono dalam sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, seperti dikutip dari Okezone.com, Senin (25/3/2013).

Selain dijatuhi hukuman 5 bulan penjara, Rasyid juga diharuskan untuk membayar denda sebesar Rp 12 juta dengan subsidair enam bulan kurungan. Putusan hakim tersebut pun disambut baik oleh pihak keluarga Rajasa.

Vonis majelis hakim tersebut lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Dimana JPU sebelumnya menuntut agar Rasyid dihukum 8 bulan penjara dengan masa percobaan 12 bulan dan tuntutan subsidair, 6 bulan penjara.

Mendengar putusan hakim tersebut, ibunda Rasyid, Oktiniwati Ulfa Dariah yang ikut hadir dalam persidangan terlihat tersenyum. Dia nampaknya sudah merasa puas karena anaknya divonis dengan hukuman yang lebih ringan dari tuntutan JPU.

Rasyid dinyatakan bersalah karena terbukti telah melanggar Pasal 30 ayat (4) tentang lalu lintas dan angkutan jalan Undang-Undang Lalu Lintas nomor 22 Tahun 2009 dan subsidair Pasal 310 ayat (3).

Sebelumnya, Rasyid menjadi tersangka kasus kecelakaan BMW X5 yang menabrak mobil Luxio berisi 10 orang. Dalam kecelakaan yang terjadi di Tol Jagorawi pada 1 Januari 2013 lalu itu, dua penumpang mobil Luxio tewas akibat terpental ke jalan.

(YG)

Comment di sini