BlackBerry Z10 Lebih Mudah Diperbaiki Dibanding iPhone 5

by
March 26th, 2013 at 3:43 pm

blackberryz10teardownCiriCara.com – Salah satu pertimbangan dalam membeli smartphone adalah masalah purna jualnya, seperti, apakah ada tempat servis resminya?, atau bagaimana bila rusak? Apakah sulit diperbaiki dan ongkosnya mahal? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang kini menjadi salah satu faktor penentu dalam membuat keputusan pembelian sebuah model smartphone.

Menurut iFixit, BlackBerry Z10 dibuat sedemikian rupa agar mudah diperbaiki bila mengalami kerusakan. Mengapa bisa diklaim seperti itu? Apa buktinya BlackBerry Z10 mudah untuk diperbaiki? Berikut ini adalah 4 alasan BlackBerry Z10 mudah diperbaiki:

Sebelum kita melanjutkan, seperti dilansir Insider Monkey, iFixit memberikan BlackBerry Z10 skor 8 dari 10 untuk kategori ponsel yang mudah untuk diperbaiki. Empat alasan ini juga menginformasikan beberapa perbaikan pada Z10 yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan sendiri.

1. TIdak seperti iPhone 5, baterai BlackBerry Z10 dapat diganti tanpa menggunakan alat khusus. Tidak dapat disangkal bahwa permasalahan baterai adalah salah satu permasalahan yang paling umum dari smartphone.

BlackBerry_Z10_ifixit_610x458

2. Kuncian layar dan motherboard BlackBerry Z10 tidak terlalu sulit dilepas dengan alat-alat yang tepat. Namun memang komponen direkatkan dengan semacam perekat yang membuatnya menempel erat.

L5yJdjKFFbwrVM6W.medium

3. Sekrup di dalam BlackBerry berukuran standar, sehingga tanpa peralatan khusus seluruh komponen BlackBerry Z10 dapat dibongkar. Hanya dibutuhkan alat-alat standar pembongkaran komponen saja untuk membongkarnya.

Screen-Shot-2013-03-25-at-11.59.31-AM-580x434

4. Banyak dari komponen kecil BlackBerry Z10 ini modular yakni dapat diganti satu persatu. Namun seperti disebutkan tadi, komponen-komponen ini direkatkan dengan perekat yang lumayan kuat sehingga agak susah untuk dilepas seperti port audio 3,5 mm-nya.

BlackBerryZ10iFixitTeardown_1

Salah satu kekurangannya adalah layar LCD BlackBerry Z10 ini tergabung dengan kacanya, walau terdengar sederhana tetapi penggabungan komponen BlackBerry ini, kemungkinan akan membuat pergantian komponen layar menjadi mahal. namun secara keseluruhan faktor-faktor ini yang akan menambah daya pikat BlackBerry Z10 di pasaran.

Menurut penilaian iFixit dalam kategori kemudahan dalam perbaikan, BlackBerry Z10 melampaui skor iPhone 5 yang hanya mendapat nilai 7. Bagaimana menurut Anda? (LH)

Insider Monkey

Comment di sini