CiriCara: Cara Mendaftar dan Menggunakan WeChat

by

CiriCara.comWeChat adalah aplikasi chatting lintas ponsel yang sedang digemari terutama kaum muda. Selain fitur bertukar pesan singkat, WeChat juga menawarkan fitur lain yang menarik seperti video chat, berbagi foto, hold-to-talk voice messaging, shake to find friends, dan masih banyak yang lainnya.

Aplikasi ini mendukung beberapa sistem operasi mobile seperti iOS, Android, Symbian, Windows Phone, dan BlackBerry. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, berbagi gambar, dan sebagainya lintas sistem operasi, seperti aplikasi WhatsApp dan Line.

Bila Anda pengguna BlackBerry dan tertarik untuk menginstal aplikasi ini ke BlackBerry Anda, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, seperti mengunduh aplikasi WeChat dan membuat akunnya. Berikut ini cara mendaftar dan menggunakan WeChat:

Cara Daftar WeChat

Download aplikasi WeChat dari situs resminya dan instal sesuai dengan jenis perangkat Anda. Ada dua cara daftar WeChat, pertama adalah menggunakan nomor telepon smartphone Anda dan mendaftar dengan menggunakan akun Facebook Anda.

A.Daftar menggunakan nomor telepon

Bila Anda sudah pernah menggunakan WhatsApp maka Anda pasti familiar dengan cara daftar WeChat, karena cara pendaftarannya serupa. Pertama buka aplikasi WeChat dan pilih  “sign up with phone number”. Selanjtnya masukkan nomor telepon Anda tanpa angka “0” di depan.

Lalu, tunggu kode verifikasi yang akan dikirim lewat SMS dan setelah SMS verifikasi datang buka dan masukkan kode verifikasi pada aplikasi WeChat lalu pilih “Next”.  Setelah ini akan tampak fitur-fitur dari WeChat, geser terus ke kanan lalu tekan tombol “Enter” dan Anda sudah resmi terdaftar dan bisa mulai menggunakan WeChat.

B. Daftar Wechat menggunakan akun Facebook

Cukup hanya dengan memasukkan username dan password Facebook Anda di dalam aplikasi WeChat ini maka otomatis kita sudah terdaftar dan menghubungkan Facebook dengan aplikasi WeChat.

Cara Menggunakan Wechat

Kita akan membahas tentang fitur-fitur utama dari WeChat dan cara penggunaannya. Karena tampilan dan cara pemakaian yang relatif mudah dan bersahabat fitur-fitur ini akan dapat Anda kuasai setelah beberapa kali mencoba. Berikut ini cara menggunakan WeChat.

A. Mengubah ID WeChat

32

Jika BlackBerry Messenger memiliki PIN, WeChat juga memiliki hal serupa yakni WeChat ID. Bawaannya, WeChat ID berbentuk angka panjang, namun kita bisa mengubahnya dengan karakter yang kita inginkan. Namun WebChat ID ini hanya dapat diganti satu kali saja. Pastikan Anda sudah menemukan ID yang pas dan tidak ingin Anda ganti dalam masa-masa mendatang.

Cara merubahnya cukup mudah yakni jalankan aplikasi WeChat, masuk ke menu “Setting MyWebChat ID Account” lalu masukkan ID yang Anda kehendaki.

B. Menambah kontak WeChat

步骤1

Cara menambah kontak atau add friends WeChat, buka aplikasi WeChat di BlackBerry Anda dan pilih menu “Social add” lalu pilih “Contacts”.

Cara lain menambah teman WeChat adalah dengan bertukar WeChat ID, setelah Anda tahu ID WeChat kawan Anda, Anda bisa memasukkannya dengan memilih menu “Add by ID”. Cara lain lagi adalah dengan bertukar nomor telepon dan yang terakhir adalah mencari lewat teman Facebook. Anda bisa menambah kontak WeChat dengan akun teman Facebook Anda bila yang bersangkutan sudah menggunakan WeChat.

C. Mengubah bahasa yang digunakan di WeChat

3-26-2013 2-21-16 PM

Secara default, WeChat menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dalam aplikasinya. Bila Anda ingin menggantinya Anda hanya perlu memilih pilihan “Setting General Language” dan ubah ke bahasa yang Anda inginkan.

D. Voice messaging

3-26-2013 1-43-25 PM

fitur ini layaknya seperti walkie talkie dan caranya pun semudah menggunakan walkie talkie, yaitu pada saat chatting, tekan gambar not nada di sebelah kiri bawah lalu tekan “Hold to Talk” dan tahan tombol ini sambil mengucapkan pesan Anda. Lepaskan tombol untuk mengirim pesan suara ini secara otomatis.

E. Shake

3-26-2013 1-48-05 PM

Fitur unik ini berfungsi untuk menambah teman dengan menggoyangkan ponsel. Dengan kita menggoyangkan smartphone kita dengan WeChat maka kita semacam memberi sinyal bahwa kita sedang mencari teman.

Tekan tombol “Social” lalu pilih “Shake” dan goyangkan ponsel kita maka WeChat akan melacak ID WebChat yang juga sedang mencari teman dan mempertemukannya. Bila Anda ingin menambah ID tersebut cukup tekan “Send” dan tunggu konfirmasi dari ID yang bersangkutan.

F. Look around

3-26-2013 1-48-33 PM

Fitur ini adalah fitur mencari pengguna WeChat yang berlokasi dekat dengan Anda. Caranya pun mudah yakni dengan menekan tombol “Social” dan lanjutkan dengan menekan tombol “Look Around” lalu lakukan pengaturan lokasi dan otomatis WeChat akan mencari pengguna WeChat yang sedang berada dalam jangkauan lokasi Anda. Anda pun bisa menambah kontak WeChat Anda melalui fitur ini. Cukup dengan melihat profil ID WebChat yang tampil dalam pencarian lalu klik “Send”.

G. Drift bottle

3-26-2013 1-48-49 PM

Terinspirasi dari pesan dalam botol yang dibuang dan bila beruntung nanti bisa diketemukan orang lain, WeChat pun menyuguhkan hal yang serupa. Kita bisa melempar kontak kita ke dunia WeChat dan menunggu ada orang yang menemukannya dan menghubungi kita bila kontak WeChat itu berkenan. Caranya adalah dengan memilih “Social” di layar utama dan pilih “Drift Bottle”.

Kita juga dapat melacak botol yang dibuang orang-orang dengan cara tekan “Pick”, maka sistem akan melacak botol-botol yang telah dilemparkan pemiliknya di dunia WeChat. Pilih akun yang membuat Anda tertarik dan Anda bisa menyapanya lalu menambahkannya sebagai kontak WeChat.

H. Facebook connect

3-26-2013 1-49-03 PM

Dengan akun WeChat yang sudah terhubung dengan akun Facebook Anda, Anda juga dapat chatting Facebook lewat WeChat. Di layar awal tekan tombol “Facebook Connect” dan masukkan detail login Facebook Anda.

I. Emoticon

3-26-2013 1-43-58 PM

TIdak seperti BlackBerry Messenger yang emoticon-nya sudah kuno, WeChat menyediakan emoticon baru, lucu, dan unik. Kita juga dapat menambah emoticon kita dan melihat emoticon terbaru yang keluar, bahkan ada emoticon Gangnam Style yang tentunya akan membuat kegiatan chatting Anda menjadi lebih seru. Cara menampilkannya adalah dengan menekan tombol “smiley” di sebelah kolom chat teks, maka menu emoticon akan keluar.

J. Group Chat

3-26-2013 1-44-29 PM

Layaknya aplikasi chatting yang lainnya, WeChat juga menyediakan fitur group chat atau chatting beramai-ramai dalam satu ruangan chat. Caranya adalah dengan menekan tombol “Chat” lalu tekan tombol tongkat sihir di pojok kanan atas layar.

WeChat telah digunakan lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Anda bisa berhubungan dengan lebih banyak orang, karena aplikasi WeChat ini tidak terbatas untuk satu sistem operasi mobile saja, Anda bisa terhubung dengan sesama pengguna BlackBerry, pengguna iPhone, pengguna Android, dan seterusnya. Gunakan aplikasi ini untuk menambah teman dan memperluas pergaulan Anda. Selamat mencoba. (LH)


comments powered by Disqus