CiriCara: Cara Aman Pilih Powerbank

by
March 27th, 2013 at 5:03 pm

choose-power-bankCiriCara.comGadget kian hari kian pintar dan serba guna, dilengkapi dengan perangkat keras yang canggih dan perangkat lunak yang mumpuni. Prosesor dengan banyak core, RAM yang semakin cepat, layar lebar dan bening dengan resolusi High Definition, kamera megapixel tinggi, dan sebagainya.

Namun kecanggihan hardware dan software gadget kadang tidak dibarengi dengan baterai yang berimbang. Sehingga bila fitur-fitur pintarnya menyala maka baterai akan lebih cepat terkuras alias boros. Dilematik memang, maka salah satu jalan mengatasinya adalah dengan membawa alat pengisi daya atau baterai cadangan ke mana-mana dan ini yang telah dilakukan pengguna gadget pintar selama ini.

Namun bagaimana bila kita berada di lokasi yang tidak ada stop kontak? Atau bagaimana saat gadget kita habis baterai kita sedang posisi berjalan? Bagaimana bila baterai gadget kita tidak bisa copot-pasang dengan mudah?

Memang untuk gadget tertentu seperti produk Apple, iPhone dan iPad, baterai tidak dapat kita ganti dengan mudah karena sudah tertanam erat di dalam gadget. Untuk gadget BlackBerry pun saat pergantian baterai memerlukan waktu loading yang cukup lama dan tidak praktis. Lalu bagaimana solusinya?

Gunakanlah charger portabel atau kini biasa disebut powerbank. Powerbank menyimpan daya listrik pada baterai di dalamnya yang nantinya bisa disalurkan ke dalam gadget Anda. Alat ini begitu praktis sehingga pada saat Anda sedang jalan pun Anda tetap bisa mengisi daya gadget Anda.

Kini banyak merek powerbank yang beredar, dengan berbagai pilihan kapasitas pula. Namun tidak semua powerbank bagus dan cocok dengan gadget Anda, salah pilih, gadget Anda bisa rusak. Lalu bagaimana cara memilihnya? Berikut ini cara aman pilih powerbank:

1. Cermati kapasitas baterai gadget Anda

Sebelum membeli powerbank, sesuaikan kapasitas baterai gadget anda dengan kapasitas powerbank. Pastikan kapasitas powerbank setidaknya 2-3 kali lipat lebih besar dari kapasitas baterai gadget Anda, lebih besar lebih aman. Jangan pilih kapasitas yang pas apalagi kurang karena tidak akan bisa mengisi daya gadget Anda secara maksimal.

Sebagai contoh bila Anda pengguna BlackBerry Dakota yang memiliki kapasitas baterai 1230 mAh, minimal Anda membutuhkan powerbank berkapasitas 2500 mAh-3800 mAh, sehingga Anda bisa mengisi daya hingga 2-3 kali. Karena seperti layaknya baterai lain, baterai powerbank juga bisa melemah bila terus digunakan, maka kapasitas besar juga diperlukan untuk jaga-jaga bila suatu waktu powerbank Anda melemah.

2. Periksa fitur powerbank

Powerbank terkini memiliki fitur pengisian daya yang dapat membuat Anda aman dan nyaman dalam mengisi daya gadget Anda. Pertimbangkan fitur-fitur di bawah ini dalam menentukan powerbank yang ingin Anda beli:

- Pencegahan arus pendek, beberapa powerbank hadir dengan fitur pemutusan listrik jika terjadi arus pendek agar proses pengisian daya powerbank lebih aman dan tentu saja memperpanjang usia powerbank

- Pencegahan overcharge, fitur ini bekerja dengan mematikan aliran listrik yang masuk ke dalam powerbank dan keluar dari powerbank jika baterai powerbank sudah penuh atau baterai gadget Anda sudah penuh

- Pencegah temperatur tinggi, fitur ini bekerja dengan mencegah suhu powerbank agar tidak terlalu panas dan overheat, yang dapat merusak gadget atau powerbank itu sendiri.

3. Cermati sel powerbank

Dalam powerbank ada terdapat komponen sel baterai yang berfungsi sebagai penampung daya. Biasanya merek powerbank yang tidak jelas asal-usulnya menggunakan kualitas sel baterai yang kurang baik dan bahkan ada yang menggunakan sel baterai bekas.

Pilih powerbank dengan seksama dengan membaca ulasan dan kritik produk powerbank yang Anda pilih. Anda bisa juga bertanya kepada orang yang lebih bepengalaman dengan beberapa merek powerbank.

4. Periksa kelengkapan powerbank

Dalam paket pembelian powerbank biasanya disertakan kelengkapan standar yakni kabel A/C, kabel konektor dengan kepala yang bisa diganti-ganti sesuai port gadget Anda. Namun lebih baik bila Anda menggunakan kabel data asli gadget Anda untuk menyambungkan powerbank ke gadget, karena biasanya kabel bawaan powerbank berkualitas kurang baik.

Kecermatan Anda dalam memilih powerbank yang tepat dapat menghindari Anda dari banyak risiko kerugian. Jangan sampai niat Anda membeli powerbank untuk mempermudah Anda dalam beraktifitas malah berujung merugikan Anda. (LH)

Comment di sini