CiriCara: Cara Kerja Kartu Kredit

by
March 27th, 2013 at 3:48 pm

kartu kreditCiriCara.com – Saat ini, sudah banyak orang yang memiliki kartu kredit dalam dompetnya. Apakah Anda termasuk salah satunya? Kemudahan yang ditawarkan dalam kartu kredit memang menggiurkan masyarakat. Bagaimana tidak, sekali gesek dengan kartu kredit Anda sudah bisa membeli atau membayar apa yang diinginkan.

Selain itu, kartu kredit juga menawarkan beberapa potongan harga. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa membeli barang atau makanan yang diinginkan dengan mendapatkan diskon. Lalu apa sebenarnya pengertian kartu kredit itu sendiri?

Kartu kredit yang kerap disebut “Uang plastik” merupakan suatu bagian penyelesaian transaksi ritel berupa kartu yang terbuat dari plastik. Penerbit kartu kredit (Bank) merupakan penjamin dari transaksi yang dilakukan oleh konsumen (pembeli) pada penjual (merchant).

Saat seseorang mengajukan permohonan kartu kredit dari bank, biasanya mereka akan bisa memilih perusahan kartu kredit yang ada. Perusahaan kartu kredit itu, antara lain AmericanExpress, MasterCard, atau Visa. Lalu, apa sebenarnya peran perusahaan kartu kredit? Kenapa bank membutuhkan mereka?

Ketahuilah bahwa di setiap transaksi kartu kredit, ada sejumlah pihak yang terlibat untuk memastikan seluruh proses pembayaran berjalan lancar. Berikut diagram yang bisa menjelaskan pihak siapa saja yang terlibat di dalam penggunaan kartu kredit:

diagram kartu kredit

Imoney

Percaya atau tidak, melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit tergolong proses yang kompleks. Bagaimana bisa? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak cara kerja kartu kredit berikut ini yang dicuplik dari Imoney.co.id:

1. Memberikan kartu kredit pada penjaga kasir

Saat Anda memberikan kartu kredit itu pada penjaga kasir, lalu akan digesekkan ke mesin pembaca kartu kredit. Mesin pembaca kartu kredit akan membaca garis-garis magnetik di balik kartu Anda dan mengirimkan informasi kunci, seperti nomor kartu kredit, plafon, tanggal kadaluwarsa, dan lain sebagainya kepada bank yang melayani pemilik toko (sebut saja bank toko).

kredit 1

Imoney

 

kredit 2

Imoney

 

2. Bank toko mengirimkan informasi transaksi

Berdasarkan diagram di atas, bank toko akan mengirimkan informasi kepada perusahaan penerbit kartu kredit, AmericanExpress, MasterCard, atau Visa.

kredit 4

Imoney

3. Perusahaan penerbit kartu kredit menghubungi bank Anda

Setelah mendapatkan informasi dari bank toko, perusahaan penerbit kartu kredit akan menghubungi bank Anda dan mengecek validitas kartu kredit. Lalu, penerbit kartu kredit juga akan melanjutkan informasi kepada bank toko yang kemudian menyetujui transaksi Anda.

kredit 5

Imoney

Imoney

Imoney

Dalam proses tersebut, tak ada uang tunai yang berpindah tangan. Lalu, apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana toko tersebut memperoleh uang jika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit?

Ketahuilah bahwa di akhir tiap periode, toko akan menyerahkan pada bank kuitansi transaksi. Kuitansi itu merupakan selebaran yang Anda tanda tangani setelah melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Lalu, bank akan membayar toko itu sesuai jumlah yang tercantum di kuitansi.

Pada waktu yang bersamaan, bank juga akan mengirimkan tagihan pembayaran pada perusahaan penerbit kartu kredit. Perusahaan kartu penerbit akan membayar bank, dan setelah itu mengirimkan tagihan pembayaran pada bank Anda. Kemudian, bank Anda akan membayar perusahaan penerbit kartu kredit dan melanjutkan prosesnya dengan menagih transaksi Anda.

Begitulah cara kerja kartu krdit yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (NR)

 

Comment di sini