CiriCara: Cara Menjaga Hubungan Pertunangan

by
March 27th, 2013 at 10:23 am

menjaga hubungan pertunanganCiriCara.com – Sebelum ke jenjang pernikahan, biasanya pasangan yang sudah lama berpacaran akan bertunangan. Bertunangan itu dimaksudkan agar si cewek dan cowok mempersiapkan diri dan batinnya sebelum ke jenjang pernikahan. Dengan bertunangan, pasangan akan belajar untuk saling mendengarkan satu sama lain, mendiskusikan berbagai perbedaan pandangan, dan merayakan perjalanan cinta dan komitmen.

Namun, bertunangan setelah pacaran biasanya menjadi masa-masa sulit bagi pasangan. Tak heran, beberapa orang yang sudah bertunangan itu malah mengakhiri kisah cintanya. Salah satu penyebabnya adalah kehadiran orang ketiga saat hubungan pertunangan itu sudah terjalin.

Seharusnya, seseorang yang sudah bertunangan lebih bisa mengendalikan dirinya untuk permasalahan cintanya. Tujuannya adalah agar hubungan pertunangan itu tetap langgeng hingga pernikahan nantinya. Ingin hubungan pertunangan kamu dan si dia langgeng? Dilansir dari Idiva.com, berikut cara menjaga hubungan pertunangan:

1. Jangan terlalu cepat membahas soal anak

Walaupun sudah bertunangan, namun jangan buru-buru membahas hal yang sebenarnya baru bisa dibahas setelah menikah. Misalnya, membagi penghasilan, nama anak, dan lain sebagainya. Hal tersebut malah akan menimbulkan pertengkaran nantinya.

2. Tetap bersenang-senang bersama teman

Ikatan pertunangan bukan berarti kamu harus selalu berada di sampingnya. Kamu juga harus tetap bersenang-senang dan pergi bersama teman-teman. Hubungi teman-teman untuk berbagi kabar dan habiskan waktu bersama mereka seharian. Namun, kamu harus meminta izin dahulu kepada si dia.

3. Segera selesaikan masalah

Jika sudah bertunangan dan kalian masih bertengkar, maka segera selesaikanlah masalah tersebut. Sebab, pertengkaran yang hebat bisa membuat hubungan kalian malah berakhir sebelum menikah.

agar pertunangan langgeng

4. Mengerti perasaan pasangan

Jika kamu termasuk pribadi yang mandiri dan menyukai kehidupan sosial, maka ubahlah gaya hidup itu setelah menikah nanti. Sebab dalam kehidupan pernikahan, kamu harus bisa mengerti perasaan pasangan. Status kamu yang menjadi “Aku” akan berubah menjadi “Kita”.

5. Mengenal keluarga dengan baik

Kamu juga harus mengenal keluarga si dia dengan lebih dekat lagi. Pahami kebiasaan yang mereka anut dan kamu harus bisa mencoba memahami dan mengikutinya. Sebab, setelah menikah nanti kamu akan menjadi bagian dari keluarga pasangan.

6. Pastikan masalah keuangan

Sebelum benar-benar menikah, masalah keuangan juga perlu kamu pertimbangkan. Setidaknya, kamu harus yakin dengan urusan finansial demi kelancaran berbagi urusan rumah tangga nantinya. Tak ingin kan bertengkar dengan si dia hanya karena masalah finansial?

7. Menerima keburukan pasangan

Jika kamu baru mulai menemukan keburukan si pasangan saat menjalin hubungan pertunangan, maka jangan langsung memutuskan hubungan tersebut. Kamu harus bisa menerimanya. Bila perlu, ubah kebiasaan buruk si dia dengan bebricara baik-baik kepadanya.

8. Berpisah sementara waktu

Terkadang, ada perasaan bosan dengan pasangan setelah bertunangan. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan cara berpisah untuk sementara waktu dahulu. Hal tersebut demi memupuk rasa rindu dan ingin segera bertemu dengannya.

9. Menahan diri untuk berhubungan intim

Meskipun sudah bertunangan, namun sebaiknya kamu tetap menahan diri untuk berhubungan intim. Tetap simpan dan menahan hal tersebut karena setelah menikah nanti akan menjadi momen yang spesial bagi kalian.

Itulah cara menjaga hubungan pertunangan. Jika hubungan pertunangan itu terjalin dengan baik, maka kehidupan pernikahan nantinya akan berjalan harmonis. (NR)

Comment di sini