CiriCara: Cara Merebus Telur Agar Cangkangnya Tidak Retak

by
March 27th, 2013 at 2:29 pm

Merebus TelurCiriCara.com – Telur rebus yang utuh dengan cangkang yang mulus cantik menjadi hal yang penting untuk merayakan Paskah. Namun, terkadang saat kita merebus telur hasilnya malah cangkangnya retak dan bahkan ada putih telur yang keluar.

Telur rebus yang bisa dihias adalah telur yang memiliki cangkang halus dan matang sempurna. Untuk bisa mendapatkan telur rebus yang matang sempurna, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan.

Simak baik-baik cara merebus telur berikut ini:

1. Perhatikan suhu telur

Telur yang sudah disimpan di lemari es sebaiknya jangan langsung direbus. Diamkan sejenak agar telur kembali ke suhu normal, setelah itu baru boleh direbus. Agar tidak perlu menunggu, ada baiknya gunakan telur segar yang baru dibeli dari pasar.

2. Jangan berdempeten

Saat Anda menaruh telur dalam panci, sebaiknya jangan berdempetan. Beri jarak antara telur yang satu dengan yang lainnya. Hal ini berguna untuk menghindari telur saling “bertabrakan” selama dalam proses perebusan.

3. Ketinggian air

Dalam merebus telur, jumlah air yang digunakan harus melebihi tinggi telur agar bisa tenggelam. Tapi jangan terlalu tinggi supaya telur tidak memantul akibat gelembung air yang mendidih. Tinggi air kurang lebih 2 cm dari permukaan telur.

Telur rebus matang sempurna dan mudah dikelupas dari cangkangnya.

Telur rebus yang matang sempurna dan mudah dikelupas dari cangkangnya.

4. Waktu perebusan

Merebus telur sebenarnya tidak boleh terlalu lama, karena bisa membuat telur memiliki tekstur mirip karet. Menurut ahli makanan, perebusan telur bisa dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit saja. Jika ingin telur yang agak lembek, bisa dikurangi 4 menit.

5. Telur rebus didinginkan

Setelah direbus selama 10 menit, angkat dan rendam telur dalam air dingin sampai telur rebus itu benar-benar dingin. Hal ini bermanfaat untuk mempercepat proses pendinginan telur rebus. Selain itu, cangkang telur juga jadi lebih mudah dikelupas saat akan dimakan.

Setelah proses perebusan selesai, Anda bisa menghias telur rebus itu sesuai dengan kreativitas masing-masing. Sehingga saat perayaan Paskah nanti, anak-anak akan suka dengan telur Paskah yang Anda buat itu. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini