CiriCara: Cara Tepat Memilih Tabir Surya

by
March 27th, 2013 at 11:10 pm

tabir suryaCiriCara.com – Melindungi kulit dari bahaya sinar matahari ternyata bukan hanya baik untuk kecantikan, tapi juga kesehatan secara umum. Terkena sinar matahari terlalu sering dan lama bisa menyebabkan kerusakan kulit, proses penuaan dini, bahkan keganasan berkembangnya kanker.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah permasalahan kulit tersebut adalah dengan mengunakan tabir surya atau lebih dikenal dengan sebutan sunscreen atau sunblock. Tabir surya melindungi kulit Anda dari bahaya paparan sinar matahari Ultraviolet-A (UVA) dan Ultraviolet-B (UVB).

Saat ini, sudah ada produk tabir surya yang berspektrum luas sehingga mampu melindungi dari UVA dan UVB. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga disarankan agar tidak sembarangan memilih. Dilansir Tabloidnova.com, dr. M Rachadian Ramadhan dari Gentur Cleft Foundation mengatakan bahwa tabir surya yang baik harus meliputi tiga hal.

Apa saja 3 hal tersebut? Berikut cara tepat memilih tabir surya:

memakai tabir surya

1. Memiliki perlindungan spektrum yang luas

Memakai tabir surya bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari Ultraviolet-A (UVA) dan Ultraviolet-B (UVB). Namun, produk tabir surya dipasaran lebih melindungi kulit dari UVB karena jauh lebih berbahaya bagi kesehatan. Jika dibandingkan dengan UVA, maka cenderung tidak menimbulkan kemerahan atau nyeri pada kulit. Untuk pemilihan tabir surya yang baik, pastikan bisa melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB.

2. Harus stabil kualitas fisik dan zat substansifitasnya

Tabir surya yang baik harus stabil kualitas fisik dan zat substansifitasnya sehingga saat berkeringat atau masuk ke dalam air, tabir surya bisa tetap mempertahankan zat perlindungannya tanpa kehilangan manfaat atau mengalami degadrasi.

3. Membuat si pemakai merasa nyaman

Tabir surya yang baik juga ahrus bisa diterima secara estetik yaitu dengan membuat si pemakai merasa elegan, cantik, hebat, dan nayaman. Selain itu, tabir surya juga perlu memiliki aroma yang enak dan menarik.

Itulah cara tepat memilih tabir surya. Ketahuilah bahwa masalah kulit yang bisa Anda alami jika terlalu sering terkena matahari adalah muncul flek-flek hitam. Untuk itu, hindari terpapar matahari pada pukul 10 pagi sampai 3 sore.

Gunakanlah pakaian yang cukup melindungi kulit dari paparan sinar matahari, seperti topi, baju lengan panjang, dan celana panjang. Selain itu, pakai juga tabir surya dengan minimal SPF-30, tahan air, dan jangan memakai terlalu tipis karena hasilnya menjadi kurang maksimal. (NR)

Comment di sini