Distributor Besar Amerika Beli Satu Juta Unit BlackBerry Z10

by
March 27th, 2013 at 2:46 pm

1-million-blackberry-z10-devicesCiriCara.comBlackBerry baru saja mencapai kesepakatan penjualan 1 juta unit BlackBerry Z10 dengan sebuah perusahaan. Pertanyaan mulai merebak, siapakah perusahaan yang membelinya? Seperti dilansir AllThingsD pembelian ini adalah pembelian suatu seri BlackBerry terbesar dalam sejarah BlackBerry.

Pembelian suatu unit baru dan dengan platform yang belum terbukti sukses dalam jumlah besar tidak mungkin kiranya dilakukan oleh sebuah perusahaan operator seluler. Hanya distributor elektronik besar yang berani mengambil risiko ini. Mungkin perusahaan seperti Brightpoint, yang memiliki hubungan yang erat dengan BlackBerry dan telah bekerja mendistribusikan unit-unit BlackBerry selama bertahun-tahun.

Ternyata teori ini memang benar, namun perusahaan ini bukanlah Brightpoint, melainkan rivalnya, Brightstar, sebuah distributor perangkat nirkabel. Berita ini diperkuat dengan laporan dari Detwiler Fenton sebuah lembaga penelitian, mengatakan bahwa partner misterius yang melakukan pembelian fantastis ini adalah rival Brightpoint yakni Brightstar. Ditambah lagi dari sebuah sumber yang mengetahui tentang kesepakatan pembelian ini telah mengkonfirmasi berita ini pada AllThingsD.

DIlansir AllThingsD, Brian Blair seorang analis dari Wedge Partners menyampaikan bahwa “Beberapa tahun yang lalu, produk Nokia, RIM, dan Samsung menjadi sumber pendapatan terbesar Brightstar yakni hingga 80%, dan saya rasa kemungkinan RIM menyumbangkan separuh dari angka tersebut, jadi ini bukan suatu kejutan.”

Beberapa sumber terkait kesepakatan BlackBerry-Brightstar menolak memberikan detail kerjasama ini, namun Detwiler fenton memiliki teori yang menarik tentang logika dibalik ini semua. Di mana Brightstar dikenal menangani hampir semua toko distribusi besar Verizon, dan satu juta unit ini menurutnya, akan didistribusikan lagi ke distributor pihak ketiga.

Managing Director Detwiler Fenton, Mark Gerber melaporkan kepada AllThingsD bahwa “Hasil pemeriksaan kami mengindikasikan bahwa permesanan ini dilakukan oleh Brightstar, yang mana telah menjadi tumpuan bagi Verizon untuk menangani distribusi ke toko-toko besar dan agen distribusi kecil.” “Namun tampaknya Verizon tidak memperkirakan BlackBerry 10 ini akan laku keras, karena ia [Verizon] biasanya memilih sendiri produk-produk yang menurutnya akan laku keras” tambahnya.

Melihat debut yang kurang memuaskan dari BlackBerry Z10 yang diluncurkan AT&T dan Best Buy, tampaknya menghindar dari risiko yang akan dibawa dalam kesepakatan Brightstar dan BlackBerry merupakan langkah yang bijak. BlackBerry dijadwalkan akan menyusun laporan pendapatan sebelum terbukanya pasar pada Kamis 28 Maret 2013, pada hari yang sama BlackBerry Z10 secara resmi meluncur di Verizon.

BlackBerry dan Brightstar hingga kini masih menolak untuk mengomentari berita yang beredar ini, sedangkan Verizon tidak menanggapi berita ini sama sekali. Jadi apakah BlackBerry 10 akan gagal di pasaran? Kita lihat saja dalam bulan-bulan ke depan.

AllThingsD

Comment di sini