Lingkaran Misterius pada Danau Bersalju di New York

by
March 27th, 2013 at 9:19 am

New York (CiriCara.com)Musim dingin memang belum berakhir untuk beberapa wilayah di negara-negara barat. Sebut saja Britania Raya, misalnya. Di negara tersebut cuaca sangat buruk dengan gundukan salju yang sangat tebal.

Sama halnya dengan wilayah New York, AS. Di bulan Maret ini, terlihat beberapa wilayah di sana masih tertutup oleh salju.

Lingkaran misterius di danau New York/WGRZ.com

Lingkaran misterius di danau New York/WGRZ.com

Uniknya, pada Jumat (22/3) lalu, salah seorang penduduk lokal yang bernama Peggy Gervase di Eden, New York, AS, mengatakan bahwa saat dirinya berada di beranda rumahnya, dia melihat sekumpulan lingkaran sempurna di atas es yang menutupi danau di belakang rumahnya itu.

Karena merasa bahwa itu adalah hal yang unik dan belum pernah dilihatnya selama ini, maka dia mengambil gambar lingkaran misterius yang muncul di permukaan danau bersalju itu. Kemudian dia mengunggah foto-foto tersebut ke Facebook.

Dilansir dari Huffington Post, Peggy mengatakan lingkaran misterius itu menyeramkan. Bagaimana mungkin ada orang yang dengan sengaja memotong es di permukaan danau hingga membentuk lingkaran sempurna seperti itu, atau itu adalah “Crop Circles”?

Crop Circles adalah istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan bentuk lingkaran yang biasanya muncul tiba-tiba di ladang ataupun tanaman hasil ladang.

Contoh Crop Circle/Jeffrey Wilson/Huffington Post

Contoh Crop Circle/Jeffrey Wilson/Huffington Post

Banyak pihak mengatakan bahwa crop circles itu sendiri adalah hasil buatan tangan manusia, tapi ada juga yang menyebutkan kalau itu merupakan fenomena alam, bahkan sampai ada yang percaya kalau crop circles itu akibat perbuatan makhluk luar angkasa.

Sedangkan untuk foto yang diunggah oleh Peggy, beberapa orang memberikan komentar bahwa lingkaran misterius tersebut adalah “Ice Circles”.

Menurut penjelasan dari Marc Dantonio, seorang analis foto dan video untuk Mutual UFO Network; Ice Circles itu muncul ketika salju yang sudah menjadi es di danau berputar aneh dan terpisah dari kumpulan air, seakan-akan menjadi laser yang memotong lapisan es di atasnya.

Sebenarnya air yang diam atau bergerak pelan seperti danau itu lebih tahan terhadap pembekuan karena arus kecil dari mata air di dasar danau mencegah terjadinya pembekuan tersebut, dan memberi gaya dorong pada es yang di dalamnya untuk berputar sehingga membentuk lingakaran tersebut.

(yk)

Huffington Post

Comment di sini