CiriCara: Cara Mengatur Waktu Agar Efisien

by
March 28th, 2013 at 2:57 pm

memanfaatkan waktuCiriCara.com – Sejumlah orang beranggapan bahwa waktu 24 jam itu sangat singkat untuk melakukan pekerjaan secara maksimal. Padahal, hal tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan dirinya sendiri.

Mereka yang kerap mengeluh seperti itu karena tidak mampu mengatur waktu dengan baik. Hal tersebut menjadikan waktu mereka jadi terbuang begitu saja atau hasil pekerjaan jadi kurang maksimal.

Ada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bagaimana? Dicuplik dari Usnews.com, berikut cara mengatur waktu agar efisien:

1. Menjadwalkan aktivitas

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat jadwal aktivitas yang akan dilakukan sehari-hari. Namun, jadwal yang sudah Anda buat itu harus dipatuhi. Jika tak mematuhi jadwal tersebut, maka Anda harus memberi hukuman pada diri sendiri. Sementara jika Anda selalu menepati jadwal tersebut, maka tetap laksanakan dengan baik.

2. Memotivasi diri sendiri

membagi-bagi waktu

Agar waktu tidak terbuang-buang, Anda harus bisa memotivasi diri sendiri untuk tetap berusaha patuh pada jadwal dan aturan untuk disiplin. Misalnya, memiliki prinsip atau percaya bahwa menunda pekerjaan bisa membawa bencana bagi diri sendiri. Dengan begitu, Anda akan memanfaatkan waktu itu sebaik mungkin dan berusaha mematuhi jadwal yang sudah dibuat.

3. Meminta bantuan orang lain

Terkadang, tak semua pekerjaan itu bisa kita lakukan sendiri. Pekerjaan yang cukup sulit dilakukan sendiri itu cukup menyita waktu Anda. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka tak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain. Biasanya, mereka akan bersedia membantu dan membimbing Anda dengan baik.

4. Mempekerjakan orang lain

Waktu seharian sudah dihabiskan di jalan dan di kantor. Lantas, bagaimana pekerjaan di rumah dan urusan si anak? Bagi Anda yang sudah berkeluarga, masalah tersebut harus segera diatasi. Memang cukup sulit membagi waktu antara berkarier dan mengurusi keluarga. Namun, Anda bisa mengatasi hal tersebut  dengan cara mempekerjakan orang lain untuk mengurus rumah.

Itulah cara mengatur waktu agar efisien. Waktu tentunya akan terus berjalan. Untuk itu, Anda harus mengisi waktu itu dengan baik dan disiplin pada waktu. Dengan begitu, Anda akan bisa mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri. (NR)

Comment di sini