Hasil Tes Performa Baterai Samsung Galaxy S4

by
March 28th, 2013 at 4:54 pm

gsmarena_001CiriCara.com – Setelah tes benchmark telah dilakukan pada prosesor Samsung Galaxy S4 dan menunjukkan hasil yang gemilang, kini sekarang giliran baterai yang jadi sasaran tes. Galaxy S4 dibekali kapasitas baterai yang lebih besar 500 mAh dari pendahulunya Galaxy S3 yakni sebesar 2.600 mAh secara keseluruhan.

Dilansir GSM Arena, tes ini menggunakan Galaxy S4 versi I9505 dengan prosesor quad-core Snapdragon 600 1.9 MHz. Penambahan kapasitas baterai dirasa penting sebab, Galaxy S4 harus memberikan daya yang lebih pada layar yang lebih besar dan prosesor yang lebih cepat.

Tes ini dibagi dalam tiga bagian, talk time atau waktu bicara, web browsing atau berseluncur di dunia maya, dan terakhir video playback atau memutar video. Hasil tes ini lalu dibandingkan dengan smartphone lain yang sudah terlebih dahulu dites.

1. Talk time

Tes ini dilakukan dengan melakukan panggilan tanpa putus hingga baterai habis. Tes ini berjalan dengan layar dalam keadaan mati dan prosesor dalam posisi tenang. Hasilnya Galaxy S4 berhasil mengalahkan iPhone 5 dan Galaxy S3 dengan perbedaan yang cukup signifikan.

3-28-2013 4-25-57 PM

2. Web browsing

Pada tes web browsing, Galaxy S4 juga menunjukkan ketahanan baterai yang mengaggumkan walau ia menggunakan layar lebar AMOLED resolusi HD. Sekali lagi pendahulunya Galaxy S3 kalah dari Galaxy S4 terpaut 2 jam. Namun untuk tes ini Galaxy S4 terpaksa ditekuk oleh HTC One dan Apple iPhone 5 terpaut sekitar 1 jam saja.

3-28-2013 4-26-33 PM

3. Video playback

Memutar video memang menjadi tantangan yang sulit bagi Galaxy S4 karena jenis layar, ukuran, dan  resolusinya yang ekstra. Namun hasil menunjukkan angka waktu yang cukup lumayan yakni sekitar 10 jam, sedikit di atas iPhone 5 dan Galaxy S3.

3-28-2013 4-26-55 PM

Melihat hasil tes ini dapat disimpulkan bahwa Samsung Galaxy S4 bukan hanya cepat tapi juga hemat. Memang bukan yang paling hemat, tapi jika melihat kemampuan yang bisa ia keluarkan dengan konsumsi daya kecil, smartphone canggih ini masih tergolong hemat.

Masing-masing tes dilakukan dalam keadaan baterai penuh dan digunakan hanya untuk melakukan kategori tes masing-masing. Sedangkan tes standy by ponsel pintar ini menunjukkan daya tahannya hingga 63 jam yakni tiga hari lebih. Jadi dengan pemakaian yang normal dan berimbang termasuk browsing, memutar video, dan aktifitas telepon kemungkinan Galaxy S4 dapat bertahan hingga 2 hari dan itu adalah sebuah hal yang mengaggumkan. (LH)

 GSM Arena

Comment di sini