Jokowi-Ahok Akan Lelang Jabatan Wali Kota dan Bupati

by
March 28th, 2013 at 3:39 pm

Jokowi-AhokJakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menuturkan bahwa pihaknya berencana untuk melelang jabatan wali kota dan bupati. Rencana tersebut akan direalisasikan setelah lelang jabatan lurah dan camat sukses dilakukan.

Menurut Ahok, ada pihak yang mengusulkan untuk melelang jabatan untuk mengisi jabatan bupati di Pulau Seribu. Namun, hal itu masih dalam proses pengkajian. “Kami lagi kaji. Setelah lelang jabatan lurah camat, mungkin wali kota dan bupati,” ujarnya.

Basuki yang ditemui di Balaikota, Jakarta, Kamis (28/3/2013), mengaku belum mengetahui kapan rencana lelang jabatan tersebut dilakukan. Pasalnya, wacana tersebut masih menunggu keputusan dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Lelang jabatan atau yang saat ini dikenal dengan sebutan seleksi dan promosi jabatan terbuka, bisa diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lurah, camat, wali kota, dan bupati yang masih aktif juga diperbolehkan untuk mengikuti lelang jabatan tersebut.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 100 Tahun 2000, para PNS yang mau mengikuti lelang jabatan sebagai lurah, minimal harus masuk dalam golongan III B dan maksimal golongan III D. Mereka juga harus memiliki eselon IV A.

Sedangkan untuk jabatan camat, PNS minimal harus masuk golongan III D dan maksimal masuk dalam golongan IV B. Para PNS yang akan ikut lelang jabatan sebagai camat diharuskan memiliki latar belakang pendidikan S-1.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk ikut lelang jabatan tersebut?

(YG)

Comment di sini