Penjualan BlackBerry Z10 Lesu, Harga Saham BlackBerry Anjlok

by
March 28th, 2013 at 4:17 pm

Blackberry 20130205CiriCara.comHarga saham BlackBerry perlahan anjlok 4,5% di bursa saham AS saat ditutup pada senin 25 Maret kemarin. Secara keseluruhan, hingga kini harga saham BlackBerry turun hingga 11% di Nasdaq sejak smartphone dan platform terbarunya BlackBerry  Z10 dengan OS BlackBerry 10-nya lepas ke pasaran Amerika.

Pasar telah bereaksi negatif saat Goldman Sachs, sebuah bank investasi merubah posisi saham BlackBerry-nya dari “netral” ke “beli”. Pandangan ini menurutnya [Goldman], berdasarkan atas lesunya penjualan dan pemasaran gadget layar sentuh ini.

Dilansir dari Sky News, Simona Jankowski, analis dari Goldman menyampaikan bahwa “Berdasarkan pemeriksaan yang kami lakukan di lebih dari 20 lokasi toko…terungkap bahwa penyebab melemahnya penjualan BlackBerry Z10 adalah kurangnya tenaga pemasaran dan kurang tepat dalam penempatan produknya”, “Kami juga tidak melihat iklan dan promosi yang cukup untuk mendongkrak peluncuran produk ini” tambahnya.

Laporan ini memangkas lagi kemungkinan sukses BlackBerry 10 dari 30% ke  20%. Apabila Anda mengamati, BlackBerry telah kehilangan pasarnya bertahun-tahun belakangan termakan oleh perangkat iPhone dan Android, dan reputasinya pun jatuh setelah banyak pelayanan yang kurang memuaskan terliput media.

BlackBerry 10 dan BlackBerry Z10 resmi meluncur pada Januari 2013 kemarin oleh presiden-nya Thorsten Heins dan Z10 adalah BlackBerry pertama yang menerapkan full touchscreen. Pada awalnya platform ini digadang-gadang menjadi titik balik bangkitnya BlackBerry untuk menguasai lebih banyak pasar. Tapi kini pada kenyataannya, penjualan BlackBerry Z10 tidak terlalu meledak dan kian menurun.

Namun menurut Throsten Heins, penjualan BlackBerry Z10 di luar Amerika Serikat menunjukan geliat positif menurut laporan beberapa toko distribusi di Inggris yang berhasil menjual habis BlackBerry Z10 dan ulasan-ulasan dari beberapa sumber secara umum pun baik.

Diperkirakan harga saham BlackBerry akan meningkat kembali saat perusahaan ini mengumumkan laporan keuangan triwulan keempat pada 28 Maret ini. Hingga sekarang BlackBerry belum dapat dikonfirmasi mengenai hal ini. (LH)

Sky News

Comment di sini