Tulang Burung Dodo Dilelang Seharga 220 Juta Rupiah

by
March 28th, 2013 at 3:00 pm

CiriCara.com – Tentu kamu pernah mendengar jenis hewan yang satu ini, bukan? Burung Dodo adalah jenis burung yang sudah punah sejak abad ke-17 silam.

Burung ini pertama kali ditemukan oleh para pelaut Belanda yang terdampar di pulau Mauritius pada tahun 1598.

Getty Images

Getty Images

Sebenarnya, burung ini tidak memiliki predator yang masuk ke dalam rantai makanannya dan menjadi pemangsa tetap komunitasnya. Punahnya burung Dodo, murni diakibatkan oleh karena ulah manusia yang selalu memburu populasi burung unik tersebut di pulau yang menjadi tempat habitatnya sendiri.

Getty Images

Getty Images

Kini, rumah pelelangan Christie melelang sebuah ruas tulang burung Dodo, hewan yang diharapkan bisa menjadi hewan yang dapat dihidupkan kembali oleh para ilmuwan.

Akan tetapi, kabarnya tulang burung dodo itu adalah salah satu bagian dari beberapa bagian tulang lainnya yang sekarang dimiliki oleh para kolektor pribadi.

Oli Scarff/Getty Images

Oli Scarff/Getty Images

Potongan tulang kecil burung Dodo yang diyakini sebagai tulang pertama yang dilelang sejak tahun 1934 itu akan dilelang dengan kisaran harga sebesar £ 10.000 – £ 15.000 (sekitar Rp. 147 juta – 220 juta).

Sky News

Sky News

Dengan kepunahan burung dodo dan beberapa bagian tulangnya yang sekarang tersebar di tangan-tangan para kolektor, membuktikan bahwa efek kehidupan manusia juga sangat berdampak bagi hewan-hewan dan lingkungan hidup di sekitarnya.

Dikabarkan oleh Sky News pula, bahwa rumah pelelangan Christie juga akan melelang fosil telur raksasa milik Burung Gajah. Burung Gajah adalah jenis burung purba terbesar yang pernah hidup dan berasal dari Madagaskar. Ukuran telur burung raksasa itu bisa mencapai 100 kali lipat dari ukuran telur ayam pada umumnya.

Untuk fosil telur raksasa tersebut, diharapkan akan laku dilelang dengan harga £ 20.000 – £ 30.000 (sekitar Rp. 294 juta – 441 juta).

(yk)

Daily Mail

Comment di sini