5 Makanan Pereda Sindrom Pramenstruasi (PMS)

by
April 1st, 2013 at 11:40 am

sindrom pmsCiriCara.com – Bagi sebagian besar wanita, sindrom pramenstruasi (PMS) sering menjadi mimpi buruk karena biasanya sindrom ini membuat suasana hati menjadi tak menentu sehingga memengaruhi hari-hari mereka.

Wanita menjadi lebih sensitif jika sedang mengalami PMS. Masalah kecil bisa menjadi besar. Kesalahan kecil yang dilakukan orang lain di hadapannya bisa membuatnya menggerutu seharian.

Untungnya, para ahli sudah menemukan bahan pereda PMS yang terdapat pada makanan. Apa saja makanan pereda sindrom pramenstruasi?

1. Yoghurt

Semangkuk yoghurt rendah lemak bisa menyeimbangkan tinggi kalsium selama siklus menstruasi. Para peneliti menemukan bahwa beberapa wanita memiliki kadar kalsium yang rendah dalam darah ketika waktu ovulasi berlangsung. Dengan menambah kalsium, mereka lebih bisa menghadapi gejala PMS yang berkaitan dengan suasana hati dan perut kembung. Untuk kaum hawa, penting untuk memastikan kalsium sudah cukup terasup selama PMS dan saat haid berlangsung.

2. Ikan

Tubuh manusia tak bisa menyerap kalsium tanpa bantuan vitamin D. Oleh karena itu, butuh kedua nutrien ini untuk meredakan gejala PMS. Beberapa ikan dikenal banyak mengandung vitamin D, seperti salmon, ikan kembung, dan sarden. Selain membantu penyerapan kalsium, vitamin D juga bisa mengurangi risiko gejala PMS sekitar 40 persen. Namun hindari ikan yang berasal dari makanan kalengan. Pilih ikan segar sebagai gantinya.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung magnesium, zat yang membantu penyimpanan air dan mengatur aktivitas serotonin, saraf yang memberikan sensasi rasa tenang dalam hati. Banyak penelitian menyebutkan para wanita yang mengalami gejala PMS memiliki kadar magnesium lebih rendah daripada wanita lain yang tidak mengalami PMS. Kacang-kacangan mudah didapat sehari-hari dan bisa diolah menjadi beragam masakan.

4. Pisang

Pisang dan bahan makanan lain yang mengandung vitamin B wajib dikonsumsi. Vitamin B bisa mengembalikan stamina dan menyegarkan tubuh yang terasa lelah. Selain itu, vitamin ini juga bisa meredakan perasaan depresi di dalam tubuh yang umumnya timbul ketika terjadi PMS. Selain pisang, Anda juga bisa mengonsumsi kentang dan dada ayam yang juga mengandung banyak vitamin B.

5. Beras merah

Beras merah memiliki kandungan nutrien yang amat dibutuhkan tubuh ketika mengalami PMS yakni vitamin B6, magnesium, dan mangan. Nutrien-nutrien ini bisa mengatasi masalah suasana hati agar lebih tenang dan tidak depresi selama masa PMS dan haid. Campuran beras merah, kacang-kacangan, dan gandum akan sangat membantu Anda untuk meredakan gejala PMS.

Itulah kelima makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala PMS seturut kata pakar. Selain mengonsumsi kelima makanan tersebut, Anda harus cukup meminum air dalam sehari. Juga, hindari mengonsumsi kafein serta gula berlebihan selama masa PMS dan haid.

(hp)

Comment di sini