CiriCara: Cara Dapatkan Pekerja dari Lulusan Terbaik

by
April 1st, 2013 at 4:44 pm

wawancara kerjaCiriCara.com – Setiap perusahaan ingin mendapatkan seseorang yang tepat atau lulusan terbaik untuk dipekerjakan di perusahaannya. Namun, hal tesebut harus dilakukan dengan cermat saat mewawancarai dan melihat surat lamaran atau CV mereka.

Dilansir dari Inc.com, Craig Vodnik, presiden marketing dari industri Cleverbridge mengatakan bahwa abaikan gelar sarjana mereka jika ingin mendapatkan seseorang yang tepat.

Lalu, apa yang harus dilihat? Berikut cara dapatkan pekerja dari lulusan terbaik:

1. Mencari gelar yang sesuai dengan bisnis

Terkadang ada perusahaan yang sangat mementingkan gelar seseorang. Namun, jangan berkompetisi dengan perusahaan lain yang mencari gelar terbaik setiap lulusan universitas. Yang terpenting adalah mencari gelar yang sesuai dengan bisnis yang harus dilakukan. Selain itu, cari juga seseorang yang memiliki passion atau kecintaan pada bidang bisnis tersebut.

2. Perhatikan kemampuan tersembunyi yang dimilikinya

interview

Seseorang yang mendapatkan gelar dari jurusannya, belum tentu bisa menjadi seseorang yang andal dalam bidangnya. Untuk itu, perhatikan juga kemampuan tersembunyi yang ada di setiap lulusan. Mungkin saja dia seorang lulusan dari hukum, tapi memiliki kemampuan sebagai seorang marketing. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kecintaannya pada dunia bisnis.

3. Temukan seseorang yang penuh antusias

Saat wawancara kerja, temukanlah seseorang yang penuh antusias dan cerdas yang berusaha menunjukkan kemampuannya pada Anda. Biasanya, orang-orang yang seperti itu adalah mereka yang baru lulus dari universitasnya atau biasa dikatakan fresh graduate.

4. Jangan menunggu sampai mereka lulus

Jika mereka memiliki kemampuan untuk bekerja, maka segera pekerjakan. Perusahaan bisa saja mempekerjakan mereka sebagai part timer, kemudian bisa dijadikan sebagai pekerja tetap setelah lulus nanti. Berikan kesempatan pada mereka untuk mengetahui perusahaan dan membangun sebuah hubungan yang baik dengannya. Jika menunggu lulus, maka mereka akan beralih ke perusahaan yang menurutnya terbaik.

5. Memberikan pelatihan

Jika sudah mendapatkan seserang yang cocok, maka belum tentu mereka bisa bekerja maksimal pada hari pertama kerja. Untuk itu, perusahaan yang cerdas pasti akan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Namun, kebanyakan perusahaan melakukan kesalahan karena tidak memberikan pelatihan kepada karyawannya.

Itulah cara dapatkan pekerja dari lulusan terbaik. Ketahuilah bahwa gelar tak menjadi jaminan bahwa orang itu bisa bekerja dengan baik dan benar. Yang terpenting adalah mereka memiliki kemauan dan kemampuan untuk bekerja dalam bidangnya. (NR)

Comment di sini