CiriCara: Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan

by
April 1st, 2013 at 10:48 am

saling percaya saat menjalin hubunganCiriCara.com – Kepercayaan merupakan salah satu hal penting dalam hubungan asmara. Jika tak ada rasa saling percaya, maka hubungan asmara yang dijalani itu bisa menjadi rusak dan selalu menimbulkan pertengkaran. Misalnya, kamu selalu selalu menuduh yang tidak-tidak pada pacar jika dirinya sedang tidak bisa mengajak kamu berkencan.

Lalu, kamu akan mengatakan kepada si pacar kalau dirinya tengah berbohong. Jika sudah begitu, maka kamu dan si dia akan beradu mulut sehingga menimbulkan pertengkaran. Apakah kamu bersikap seperti itu kepada pasangan?

Ketahuilah bahwa hubungan asmara akan selalu berjalan harmonis dan romantis jika dilandasi adanya sebuah rasa saling percaya. Ingin membangun rasa saling percaya itu kepada pasangan? Berikut cara membangun kepercayaan dalam hubungan:

1. Terbuka mengenai hubungan asmara

Saat menjalin hubungan asmara, kamu disarankan agar selalu terbuka mengenai hubungan yang sedang dijalani. Jika ada masalah kecil atau besar atau hal baik atau buruk yang berkaitan pada hubungan, maka kamu harus bisa menceritakannya pada si pasangan. Dengan begitu, rasa saling percaya akan tumbuh dan membuat hubungan asmara berjalan harmonis.

2. Bersikap konsisten

Orang yang sulit diprediksi itu biasanya akan sulit dipercaya oleh orang lain. Jika sikap kamu seringkali berubah tanpa sesuatu yang jelas, maka pasangan akan merasa bahwa kamu telah menyembunyikan sesuatu darinya. Misalnya, biasanya kamu tak marah jika si dia pergi bersama teman-temannya. Tapi, hari-hari berikutnya kamu malah diam dan marah kepadanya. Ingatlah bahwa, bersikap seperti itu hanya akan membuat pasangan jadi tak mempercayai kamu. Untuk itu, kamu harus konsisten saat menghadapi si pasangan.

3. Menjalin komunikasi yang baik

Menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan bisa memupuk kepercayaannya selama kamu masih bersikap terbuka dan jujur. Semakin sering berkomunikasi dengannya, semakin si pasangan akan percaya pada kamu dan mau membuka dirinya juga. Untuk itu, luangkanlah waktu untuk selalu bisa berkomunikasi dengannya.

saling percaya

4. Mengakui kesalahan yang diperbuat

Jarang sekali orang yang mau mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya. Akan tetapi, kamu harus berani mengakui kesalahan kepadanya jika telah berbuat salah. Jika kamu pernah bersikap tidak jujur padanya, maka segeralah meminta maaf. Dengan begitu, si dia akan mengerti dan tetap mempercayai kamu.

5. Selalu menepati janji

Janji apapun yang kamu berikan kepadanya harus ditepati agar menumbuhkan rasa kepercayaannya. Namun, sebelum mengatakan janji itu kamu harus yakin 100% bahwa bisa menepatinya. Jika tak yakin, maka tak usah mengumbar janji kepadanya. Janji yang tak ditepati hanya mengurangi rasa percayanya kepada kamu.

6. Bisa diandalkan

Jadilah seseorang yang bisa diandalkan dan dicari pertama kali saat si dia membutuhkan bantuan orang lain. Bantulah pasangan dengan tulus dan jujurlah jika kamu tak memahami permasalahannya. Jangan memaksakan diri kamu, lalu malah meminta bantuan orang lain. Semakin sering kamu bisa diandalkan, semakin si pasangan mempercayai kamu.

7. Percaya pada diri sendiri dan pasangan

Percayalah pada diri sendiri bahwa kamu sudah memilih orang yang tepat untuk dijadikan pasangan. Saat kamu sudah mempercayai itu, kamu akan memiliki pondasi yang kuat untuk membangun kepercayaan pada si dia. Jika kamu mempercayainya, maka pasangan juga akan bersikap seperti itu.

Itulah cara membangun kepercayaan dalam hubungan asmara. Saling percaya tentunya bisa mempertahankan hubungan asmara yang sedang dijalani. Selain itu, kamu dan si dia juga bisa semakin merasa dekat sehingga hubungan selalu harmonis dan romantis. (NR)

Comment di sini