CiriCara: Cara Mudah Agar Anak Betah di Rumah

by

agar anak betah di rumahCiriCara.com – Sebagai orangtua yang baik, Anda harus bisa mendidik anak dengan baik, membuatnya selalu merasa bahagia, dan memberikan kenyamanan untuknya. Jika Anda menunjukkan semua itu kepada si anak, maka akan bisa membuatnya jadi seorang anak yang cerdas dan memiliki kepribadian yang baik.

Ketahuilah bahwa perhatian dari orangtua kepada anaknya itu sangat mempengaruhi perilakunya. Untuk itu, Anda harus bisa menunjukkan kasih sayang kepada si anak dan memberikan kenyamanan untuknya.

Jika si anak sudah merasa nyaman, maka bisa membuatnya jadi betah berada di rumah. Selain itu, ada hal lain yang harus Anda lakukan agar membuat si anak jadi betah di rumah. Apa saja? berikut cara mudah agar anak betah di rumah:

1. Menciptakan keharmonisan keluarga

Keharmonisan dalam sebuah keluarga bisa mempengaruhi cara anak bersikap dan perkembangan mentalnya. Jika kehidupan keluarga selalu harmonis dan saling memperhatikan, maka bisa membuat si anak merasa nyaman. Ketika sudah merasa nyaman, si anak juga jadi betah berada di rumah dan menghargai orangtuanya.

2. Menata rumah senyaman mungkin

Selain kehidupan keluarga yang nyaman, penataan rumah yang nyaman juga bisa membuat si anak merasa betah di rumah. Untuk itu, cobalah tata rumah Anda sebaik mungkin mengenai tata letak barang elektronik, furniture, dan lain sebagainya demi kebaikan si anak. Bila perlu, tanyakan pada anak bagaimana tata letak yang menurutnya nyaman.

bermain dengan anak

3. Menjadi orangtua yang aktif

Cara lain untuk membuat si anak betah di rumah adalah dekat dengan si anak. Sebagai orangtua yang baik, Anda perlu memahami perkembangan anak dari waktu ke waktu dan menyesuaikan kebutuhannya dengan usianya. Jangan memperlakukan anak seperti boneka yang harus menuruti semua perkataan orangtuanya.

4. Bisa menjadi teman bagi si anak

Orangtua yang baik bukan hanya bisa memberikan segala kebutuhan si anak. Namun, Anda juga harus mau berbagi dengan si anak. Di saat si anak sedang sedih atau senang, Anda harus bisa memancingnya agar dia mau bercerita. Jadilah orangtua yang bisa menjadi teman atau sahabat untuknya. Dengan begitu, si anak akan merasa nyaman dan lebih menghargai Anda sebagai orangtuanya.

5. Tidak menjadi orangtua yang otoriter

Para orangtua sebaiknya tidak bersifat diktator atau otoriter dalam menyampaikan keinginan dan harapannya. Ajak ngobrol si anak atau melakukan hobi si anak bersama-sama sehingga si anak meraya nyaman. Ketahuilah bahwa besifat diktator hanya akan membuat si anak merasa tertekan dan tidak betah di rumah.

6. Memberikan si anak kamar pribadi

Biasanya anak-anak yang memasuki usia balita akan sangat senang untuk menempelkan gambar atau mencoret-coret dinding. Bukan suatu hal yang buruk, justru ini wajar dan sangat normal bagi seorang anak. Ketahuilah bahwa setiap anak memiliki daya khayal dan impian yang berbeda-beda. Untuk itiu, berikanlah si anak kamar untuk dijadikan tempat curahan isi hatinya. Biarkan si anak menata kamarnya sesuka hatinya.

7. Selalu ada untuk anak

Sebagai orangtua, Anda harus menjadi orangtua yang siaga. Artinya, selalu ada untuk anak. Saat si anak kesulitan mengerjakan pekerjaan rumahnya, Anda harus siap membantunya. Sementara jika si anak sedang merasa sedih, maka Anda juga harus menenangkannya dan membuatnya kembali senang.

Itulah cara membuat si anak betah di rumah. Jika si anak sudah betah di rumah, maka jangan juga Anda melarangnya untuk keluar rumah. Bagaimanapun juga, si anak harus bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya agar bisa membangun rasa percaya dirinya dan tidak pemalu. (NR)


comments powered by Disqus