Diprediksi Jakarta Tenggelam, Ibu Kota Disarankan Pindah

by
April 1st, 2013 at 2:25 pm

Banjir di JakartaJakarta (CiriCara.com) – Hingga saat ini tanah di Jakarta masih terus mengalami penurunan atau amblas. Bahkan, selama 1 tahun penurunan tanah di Jakarta rata-rata mencapai lebih dari 25 cm. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pun memprediksi Jakarta tenggelam 25 tahun lagi.

Menanggapi prediksi tersebut, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya menyarankan agar ibu kota dipindah ke kota lain. “Kalau 25 tahun lagi Jakarta tenggelam, pindahkan saja ibu kotanya,” katanya, seperti dikutip dari detik.com, Senin (1/4/2013).

Menurut Barth, sapaan akrab Balthasar, kemungkinan Jakarta tenggelam bisa dicegah asalkan pemerintah berani mengambil sikap tegas mengenai tata ruang kota. Barth menilai tata kota di DKI Jakarta saat ini perlu dibenahi kembali.

“Pemerintah DKI harus tegas melaksanakan tata kota, tapi kalau tata kota sulit diatur, pindahkan saja ibu kotanya,” ujar Barth di acara Rakornas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Air Tanah

Air Tanah

LIPI memprediksikan Jakarta akan tenggelam 25 tahun lagi jika air tanah di Jakarta tak kunjung diperbaiki. Pasalnya, air tanah yang dipakai secara berlebihan nantinya akan habis dan membuat sebuah rongga di dalam tanah yang akan mengakibatkan tanah menjadi amblas.

Menurut LIPI, krisis air tanah di Jakarta bisa dicegah dengan cara membuat sumur resapan. Nantinya sumur resapan ini akan berfungsi sebagai recharge untuk mengisi ulang air tanah yang sudah dipakai. Sumur resapan juga dinilai lebih menguntungkan dibanding deep tunnel.

Masyarakat Jakarta juga diminta agar lebih bijak lagi dalam menggunakan air tanah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menghemat penggunaan air tanah bisa mencegah Jakarta tenggelam lebih cepat.

(YG)

Comment di sini