BlackBerry Sedang Godok BlackBerry 10 Murah untuk Pasar Indonesia

by
April 2nd, 2013 at 4:04 pm

blackberry 10-2CiriCara.com – Sama seperti Apple, BlackBerry ingin memahami keinginan pasar yang kompetitif, untuk menjaring pasar sebanyak mungkin. Throrsten Heins, CEO BlackBerry senantiasa menyampaikan bahwa perusahaannya berencana untuk mengambil pasar Apple dan Android.

Dilansir eWeek, Heins membocorkan pada The Canadian Press bahwa BlackBerry berencana untuk menawarkan tiga baris pasukan smartphone yakni kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. “Agar dapat terus maju, kita [BlackBerry] harus membuat portfolio” ujarnya menurut laporan dari The Globe and Mail tertanggal 31 Maret.

BlackBerry kelas bawah alias kelas yang harganya paling terjangkau, tetap akan menjalankan sistem operasi BlacKberry 10 dan akan didesain khusus untuk pasar Indonesia dan India, di mana negara-negara tersebut benar-benar membantu kelangsungan hidup perusahaan BlackBerry saat pengguna BlackBerry di Amerika merosot tajam.

Dengan platform baru BlackBerry 10 dan barisan smartphone beragam yang kini menitik beratkan pada minat konsumen, BlackBerry berencana untuk kembali meraih pasar Amerika. Namun tentu saja sambil terus memantau minat pasar dan persaingan. BlackBerry harus belajar dari Apple, bahwa bila tidak berinovasi maka kemenangan pasar tidak akan bertahan lama.

Rumor telah tersebar bahwa Apple akan meluncurkan seri iPhone yang lebih terjangkau pada musim panas ini dan rumor yang terbaru adalah iPhone 5s akan diumumkan pada 20 Juni tahun ini dan akan turun ke pasaran mulai Juli. Menurut laporan Electronista pada 28 Maret kemarin, Apple akan memamerkan iPhone dengan harga terjangkau pada Agustus tahun ini guna menjaring pasar di negara berkembang seperti China dan India.

Laporan tersebut senada dengan perkiraan analis dari Piper Jaffray, Gene Munster, bahwa Apple akan meluncurkan versi unlocked dari iPhone pada triwulan ketiga tahun ini dengan harga $199 atau tidak lebih dari 2 juta Rupiah.

BlackBerry di lain sisi menghasilkan keuntungan yang tidak terduga menurut laporan terbarunya 28 Maret dan berhasil mengeluarkan kurang lebih satu juta produk BlackBery Z10 ke pasaran global. Dengan memusatkan tenaga untuk memuaskan konsumen perorangan daripada perusahaan, BlackBerry memperkirakan akan ada penurunan pendapatan dari sektor layanan.

Heins juga menyampaikan bahwa ia akan tetap meluncurkan beberapa smartphone BlackBerry 7 yang menurut pantauannya laku keras di Asia-Pasifik, Timur Tengah, Africa, dan beberaa negara di Eropa. “Kami sedang menbangun portfolio, BlackBerry 10 jika dilihat dari sudut pandang teknologi lebih mengarah ke kelas atas. Kini kita akan membawanya ke kelas menengah, lalu setelah itu kita akan mengerjakan apa yang nanti disebut BlackBerry 10 murah.” Katanya.

“Jadi tunggu saja berita selanjutnya, kita sedang mencoba mengerjakannya” tutupnya. Namun, bila BlackBerry benar merencakan akan membuat BlackBerry 10 versi murah, maka tindakan ini menyangkal pernyataan BlackBerry sebelumnya bahwa BlackBerry tidak akan membuat unit BlackBerry 10 murahan. Terlepas dari hal ini, tentunya sebagai konsumen, kita akan lebih senang bila BlackBerry 10 tidak hanya hadir untuk segmen tertentu saja. Dengan hadirnya smartphone BlackBerry 10 versi hemat di Tanah Air mungkin akan memperbesar pasar BlackBerry yang pelan-pelan mulai tergusur. (LH)

eWeek

Comment di sini