CiriCara: 3 Ciri Anak Harus Memakai Kacamata

by
April 2nd, 2013 at 12:04 pm

tes mataCiriCara.com – Saat ini, nampaknya semakin banyak saja anak-anak yang menggunakan kacamata. Kenapa? Hal tersebut bisa saja dikarenakan si anak sering memainkan gadget-nya atau orangtua yang kurang begitu memperhatikan kesehatan mata si anak. Sangat disayangkan jika seorang anak sudah diharuskan memakai kacamata akibat matanya mengalami minus.

Dilansir dari Thestir.Cafemom.com, Dr. Mel Fiderman mengatakan bahwa anak akan memberikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa dirinya perlu melakukan tes mata. Apa saja tanda-tanda tersebut? Dilansir dari sumber yang sama, berikut ciri-ciri anak yang harus menggunakan kacamata:

1. Terlalu dekat saat menonton televisi

Biasanya balita senang berdiri atau duduk di dekat televisi karena tertarik dengan lampu yang menyala dan ingin menyentuh televisinya. Namun, Anda sebagai orangtua juga harus memperhatikan sikapnya tersebut. Apakah si anak hanya senang memainkan televisi atau karena kurang jelas melihat visualnya? Jika si anak menonton televisi begitu dekat karena tidak jelas dengan gambarnya, maka bisa jadi mata si anak minus sehingga harus menggunakan kacaamata.

anak minus

2. Menggambar atau mewarnai terlalu dekat

Bukan hanya saat melihat televisi saja, tapi saat si anak menggambar atau mewarnai jarak mata dengan bukunya juga sangat dekat. Anak yang membutuhkan tes mata seringkali menulis, menggambar, dan mewarnai dengan wajah atau kepala yang terlalu dekat dengan kertas. Cara yang dilakukan si anak tersebut bertujuan agar hasil tulisan, gambar, atau warnanya menjadi sempurna.

3. Anak sering menyipitkan matanya

Terkadang, seseorang sering menyipitkan matanya ketika melihat suatu tulisan atau lampu yang terang. Menyipitkan mata pada saat itu merupakan tanda bahwa ada permasalahan pada matanya. Lalu apakah anak Anda menunjukkan hal tersebut juga? Ketika kesulitan melihat sesuatu si anak akan menyipitkan matanya. Jika sudah begitu, maka Anda harus memeriksakan mata si anak.

Itulah ciri anak yang harus memakai kacamata. Jika Anda belum yakin bahwa ada permasalahan pada matanya, maka coba ujilah dengan melakukan permainan untuknya. Anda bisa mengajak bermain si anak untuk membaca tulisan dari jarak jauh. Jika dia bisa mengucapkannya dengan lancar, maka tak ada permasalahan pada matanya. Tapi jika si anak menyipitkan matanya dan terbata-bata mengungkapkannya, maka bisa jadi si anak harus memakai kacamata.

Sebagai orangtua yang baik, seharusnya Anda memperhatikan kesehatan mata si anak sejak dini. Jika sejak kecil si anak sudah memakai kacamata, maka saat dewasa nantinya minus pada matanya bisa menjadi bertambah. Untuk itu, ketahuilah sejak awal agar Anda bisa memberikan perawatan mata yang tepat untuk si anak. (NR)

Comment di sini