CiriCara: Cara Menghadapi Anak yang Berkata Kasar

by
April 2nd, 2013 at 4:10 pm

anak berkata kasarCiriCara.com – Saat anak masih dalam usia prasekolah bisanya belum memahami benar arti kata yang diucapkannya. Anak juga belum mengetahui apakah kata-kata itu pantas atau tidak untuk diucapkan.

Pada saat si anak mengatakan kata kasar atau kotor, bisa jadi bukan bermaksud untuk memaki. Namun, kata-kata yang dilontarkannya itu bisa jadi dikarenakan meniru perkataan dari orang lain atau dari acara televisi yang ditontonnya.

Jika si anak sudah mengeluarkan kata-kata seperti itu, maka Anda sebagai orangtua tak boleh tinggal diam. Orangtua perlu meluruskan sikap atau perilaku anak agar tidak menimbulkan hal negatif lain. Berikut cara menghadapi anak yang berkata kasar:

1. Hadapi dengan tenang

Ketika mendengar si anak berkata kasar, Anda disarankan untuk tetap bersikap tenang dan jangan memarahinya. Biarkan si anak berkata seperti itu, lalu setelah dirinya selesai mengucapkannya beritahu bahwa kata yang diucapkannya itu tidak baik. Ketahuilah bahwa si anak mengucapkan kata-kata kasar yang mungkin mereka tak mengetahui maknanya.

2. Tanyakan dari mana si anak mendengar kata itu

Cara lain adalah bertanya pada anak. Bertanyalah pada anak agar Anda bisa mewaspadai sumbernya. Misalnya, si anak mendapatkan kata-kata itu dari film yang ditontontonnya. Untuk itu, Anda harus membatasi si anak untuk menonton film tersebut. Selain itu, katakan juga kepadanya bahwa kata-kata itu tidak baik dan bisa menyakiti perasaan orang lain.

menghadapi anak yang berkata kasar

3. Jangan membentaknya

Meskipun kata-kata yang dilontarkan anak tidak terpuji, jangan langsung memarahi atau membentaknya. Cara tersebut tidak bisa mengubah sikap si anak dan tak bisa menyelesaikan masalah.

4. Membimbing dan mengarahkan

Cara baik untuk menghadapi si anak yang berkata kasar adalah membimbing dan mengarahkannya. Jangan mudah menyerah jika anak sudah dinasihati. Sebagai orangtua, Anda harus terus membimbing dan mengarahkan anak ke jalan yang benar.

5. Buat kesepakatan dengan anak

Jika si anak masih saja mengulangi perbuatannya itu, maka Anda harus membuat kesepakatan. Berikan nhukuman yang disepakati bersama, namun jangan memberikan hukuman fisik. Bentuk hukuman yang bisa Anda gunakan adalah memintanya untuk duduk diam di pojok ruangan selama tiga menit atau tegaskan bahwa Anda tak mau berbicara padanya selama 3 menit.

Itulah cara menghadapi si anak yang berkata kasar. Bagimanapun juga, anak yang sering berkata kasar dan kotor itu harus segera dihadapi. Jika tidak, maka saat beranjak dewasa nanti dia akan terbiasa mengucapkan kata atau kalimat kasar itu. (NR)

Comment di sini