CiriCara: Cara Menjaga Kesehatan Mata

by
April 2nd, 2013 at 3:25 pm

menjaga kesehatan mataCiriCara.com – Tanpa adanya mata, Anda tak bisa melihat indahnya dunia ini. Mata merupakan salah satu organ penting manusia. Dengan adanya mata, tentunya seseorang bisa melihat dan melakukan beberapa aktivitas dengan baik. Untuk itu, Anda disarankan agar selalu menjaga kesehatan mata.

Namun, masih banyak orang yang kurang begitu memperhatikan kesehatan matanya. Bagi Anda yang bersikap seperti itu, sebaiknya ubahlah dan mulai pikirkan kesehatan mata. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Berikut cara menjaga kesehatan mata:

1. Mengonsumsi makanan yang sehat untuk mata

Makanan yang Anda konsumsi berpengaruh besar pada kesehatan tubuh, termasuyk mata. Agar mata tetap sehat, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin A, C, dan E. Kandunagan makanan tersebut bisa membantu memperjelas penglihatan dan mengurangi masalah mata akibat penuaan, degenarasi mkakula, dan katarak.

2. Hati-hati saat berada di depan komputer

Sejumlah orang mengalami Computer Vision Syndrome yaitu kondisi sementara yang disebabkan oleh penggunaan komputer dalam waktu lama. Seseorang yang mengalami itu menunjukkan beberapa gejala, seperti lelah mata, sakit kepala, penglihatan tak jelas, mata keringm sakit leher, punggung, dan bahu.

Corbisimages.com

Corbisimages.com

Bagi Anda yang serimng berada di depan layar komputer atau laptop, sebaiknya sempatkan waktu untuk beristirahat setiap 2o menit sekali selama 20 detik. Lihat pemandangan atau ke arah lainnya agar mata bisa beristirahat sejenak. Selain itu, pastikan ketajaman layar membuat mata Anda nyaman atau gunakanlah anti silau pada layar komputer. Anda juga disarankan untuk banyak meminum air putih untuk mencegah kekeringan pada mata.

3. Berhenti merokok

Merokok bukan hanya tidak baik untuk kesehtan tubuh, taoi juga mata. Sebuah studi menunjukkan bahwa merokok bisa meningkatkan degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik.

4. Jangan menggunakan peralatan rias mata yang sudah lama

Menggunakan peralatan riasan mata yang sudah lama bisa mempengaruhi kesehatan mata. Untuk itu, pastikan Anda membuang semua peralatan kosmetik yang berusia lebih dari 6 bulan. Gunakan kuas rias khusus dan jangan menggunakan kuas yang sama dengan teman karena bisa menimbulkan infeksi atau iritasi pada mata.

5. Memakai kacamata

Terkena paparan sinar matahari terus menerus bisa mennyebabkan katarak dan degenarasi makula. Hal tersebut dikarenakan sinar ultraviolet (UV) dari matahari menembus retina sehingga menyebabkan kerusakan mata. Untuk itu, Anda bisa memakai kacamata hitam yang dirancang khusus untuk melindungi mata saat berada di bawah sinar matahari. Kacamata pada umumnya memberikan perlindungan UV hingga 99% atau 100%.

6. Rutin melakukan pemeriksaan mata

Kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata Anda sebelum masalahnya timbul. Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata setiap satu atau dua tahun sekali. Namun, Anda harus lebih sering melakukan pemeriksaan jika menggunakan kacamata atau lensa kontak. Selain itu, segera periksakan mata juga jika penglihatan kabur, nyeri, dan gatal-gatal pada mata.

Itulah cara menjaga kesehatan mata. Dengan melakukan perlindungan seperti cara di atas, mata Anda senantiasa akan selalu sehat. Untuk itu, jagalah kesahatan mata Anda mulai saat ini. (NR)

Comment di sini