CiriCara: Cara Tepat Merawat Kesehatan Rambut

by
April 2nd, 2013 at 2:12 pm

rambut sehatCiriCara.com – Sebagian besar wanita mengatakan bahwa rambut merupakan mahkotanya. Untuk itu, beberapa dari mereka akan merawat kesehatan rambutnya dengan baik. Rambut bersih dan sehat memiliki peranan penting untuk membuat seorang wanita jadi lebih percaya diri.

Rambut yang tidak sehat, seperti menimbulkan bau tidak sedap, berketombe, rontok, dan lain sebagainya itu terkadang membuat jengkel wanita. Permasalahan rambut seperti itu tentunya cukup mengganggu aktivitasnya dan mengurangi rasa percaya dirinya. Tak mau kan memiliki permasalahan rambut seperti itu?

Agar rambut tetap bersih dan sehat, Anda disarankan untuk merawatnya dengan tepat. Dilansir Boldsky.com, berikut cara tepat merawat kesehatan rambut:

1. Memakai sampo yang tepat

Cara pertama untuk menjaga kebersihan rambut Anda adalah mencucinya dengan menggunakan sampo yang tepat. Memakai sampo yang tepat bisa mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Saat mencuci rambut, jangan lupa juga untuk memberikan pijatan pada kepala.

2. Memakai kondisioner

Pengeringan, pewarnaan, pelurusan, dan penggunaan produk kimia lainnya bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa memakai kondisioner setelah memakai sampo. Memakai kondisioner juga menjaga kemilau rambut agar tetap bersinar.

mencuci rambut

3. Memijat kulit kepala

Memijat akan membantu menghilangkan ketombe atau kotoran dari kulit kepala. Untuk memijat kulit kepala, Anda bisa menggunakan minyak esensial yang dihangatkan. Minyak tersebut juga bisa melindungi rambut agar tidak kasar dan kering.

4. Menjaga kebersihan peralatan rambut

Peralatan rambut yang Anda pakai, seperti sisir jika tak dijaga kebersihannya bisa membuat rambut jadi tidak bersih dan sehat. Untuk itu, sering-seringlah mencuci sisir yang Anda gunakan. Selain sisir, Anda juga harus menjaga kebersihan aksesori rambut, seperti jepit rambut, bando, atau karet raambut. Dengan begitu, kotoran tidak akan menumpuk sehingga rambut Anda tetap bersih dan sehat.

5. Mengeramasi rambut jika berkeringat

Mencuci rambut setiap kali Anda berkeringat sangat penting untuk menghilangkan kotoran. ketahuilah bahwa keringat yang berlebihan akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada rambut. Untuk itu, segera cuci rambut Anda dengan menggunakan sampo jika sudah menimbulkan bau yang tidak sedap.

6. Menguncir rambut dengan benar

Rambut yang sering digerai biasanya akan lebih rentan terhadap kotoran dan debu. Untuk itu, biasanya beberapa wanita akan mengikat rambutnya. Namun saat mengikat sebaiknya jangan terlalu kencang karena rambut bisa mengalami kerusakan, seperti rontok.

7. Segera atasi ketombe

Ketombe bisa saja muncul akibat kurangya Anda menjaga kebersihan rambut. Jika rambut sudah berketombe, maka lama-kelamaan akan mengalami kerontokan. Untuk itu, segera atasi permasalahan rambut tersebut agar rambut kembali sehat dan kemilau.

8. Jangan menggunakan produk yang kadaluwarsa

Saat memilih produk kesehatan rambut, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluwarsanya. Pastikan produk kesehatan rambut itu berkualitas dan masih bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Jika Anda memakai produk kesehatan rambut yang kadaluwarsa, maka rambut bisa menjadi tidak sehat.

Itulah cara tepat merawat kesehatan rambut. Ketahuilah bahwa rambut yang kotor atau tidak sehat akan lebih rentan mengalami permasalahan rambut, seperti berketobe, rontok, dan bercabang. Untuk itu, pastikan Anda selalu merawat kesehatan rambut dengan tepat seperti cara di atas. (NR)

Comment di sini