MUI: Eyang Subur Melanggar UU Perkawinan

by
April 2nd, 2013 at 3:38 pm

Jakarta (CiriCara.com)Eyang Subur, mantan guru spiritual Adi Bing Slamet yang akhir-akhir ini terkenal karena berbagai sensasinya, kini mendapat kecaman dari ormas Front Pembela Islam (FPI).

Liputan 6

Liputan 6

Rupanya, tidak hanya FPI yang mengecam aksi Eyang Subur yang memiliki 8 istri, Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut bergeming terhadap ulah Eyang Subur tersebut.

Menurut KH Armidhan Saberah, Ketua MUIl, tindakan Eyang Subur yang memiliki 8 istri tersebut dinilai telah melanggar undang-undang perkawinan.

“Dia (Subur) jelas melanggar hukum dan undang-undang perkawinan, itu jelas,” ungkap Amdihan mewakili MUI kepada Detik.com, Selasa 2 April 2013.

Namun walau telah terbukti melanggar undang-undang perkawinan namun MUI belum bisa menetapkan ajaran Eyang Subur termasuk sesat atau tidak. MUI berencana akan melakukan investigasi terlebih dahulu sebelum memutuskan status ajaran sang Eyang.

“Ketika bicara sesat, harus ada fatwanya jadi tidak sembarangan,” kata Amdihan lagi.

FPI dan MUI bisa ikut menangani kasus Eyang Subur setelah sebelumnya, Adi Bing Slamet melaporkan ulah mantan guru spiritualnya itu kepada dua ormas tersebut.

Selain melaporkan Eyang Subur ke FPI dan MUI, Adi juga membawa kasus itu ke Polda Metro Jaya. Pelaporan ini tentu saja dibantah oleh Eyang Subur dan pengacaranya yang dituduh telah menyebarkan aliran sesat.

Walau begitu, Eyang Subur memang terbukti telah memiliki delapan orang istri yang salah satunya adalah mantan istri selebritis, Septian Dwi Cahyo.

Adi Bing Slamet nekat membeberkan tingkah laku Eyang Subur ke media karena ia merasa telah disesatkan dari ajaran agama Islam yang dipeluknya. Menurut Adhi, Eyang Subur sering menyuruhnya untuk melakukan ritual aneh seperti meminum kopi pahit dan air garam di hari-hari tertentu.

Adi juga mengatakan bahwa Eyang Subur sering menyuruhnya untuk tidak melakukan salat dan berpuasa yang merupakan kewajibannya sebagai seorang umat Muslim. (RN)

Comment di sini