Apple Mulai Produksi iPhone Murah Kuartal Kedua 2013

by
April 3rd, 2013 at 4:43 pm

4-3-2013 4-01-06 PMCiriCara.comApple merencakan akan memulai produksi produk iPhone dengan ukuran dan betuk yang sama dari model sebelumnya pada triwulan kedua ini. Menurut sumber yang dekat dengan proses produksi perangkat ini, kemungkinan pada musim panas, smartphone ini akan meluncur.

Dilansir Wall Street Journal, analis keuangan senior dari BCG, Collin Gillis menyampaikan bahwa iPhone baru akan mulai diproduksi pada triwulan ini menyusul turunnya harga saham Apple dan gaya manajemen baru Tim Cook. Pada saat yang sama, Apple juga bekerjasama dengan mitranya di Asia dalam membuat versi murah dari iPhone yang rencananya akan meluncur pada paruh kedua tahun ini.

Versi murah iPhone ini akan menggunakan casing yang berbeda dari versi kelas atasnya. Beberapa bahan dan warna sudah dites namun hingga kini kepastian belum tercapai menurut orang-orang ini. Mengenai rumor ini pihak Apple menolak untuk berkomentar.

Peluncuran dua gadget ini menunjukkan bahwa Apple sedang dalam tekanan. Karena minat pasar akan gadget dengan harga terjangkau meningkat, smartphone baru bermunculan siap bersaing, dan bangkitnya Samsung Electronics mendominasi pasar, tentunya membuat margin menyempit dan pembagian porsi keuntungan semakin terpepet.

Seorang analis dari Strategy Analytics, Neil Mawston mengatakan “dalam fase ini, semua pemain dalam posisi yang hampr sama”. “Untuk menyiasatinya, Apple harus meniru langkah sukses kompetitornya yakni Samsung dan meluncurkan produk-produk baru dengan cepat.” Tambahnya.

Mengenai jeroan dari seri Apple iPhone berikutnya ini belom dapat dipastikan. Namun melihat pengalaman sebelumnya, upgrade tidak akan menyeluruh, kemungkinan hanya berganti prosesor atau kamera saja. Versi baru iOS juga akan meluncur sehabis pertengahan tahun.

CEO Apple, Tim Cook telah berulang kali menolak untuk mengkomentari tentang berita rencana Apple untuk menurunkan perangkat iPhone versi murah. Namun, ia dan beberapa penguasa Apple sedang beselisih paham mempertahankan citra premium Apple. Seperti dalam sebuah konferensi, di bulan Februari kemarin ia mengatakan bahwa “kita tidak akan membuat produk yang tidak fantastis.”

Namun keadaan berkata lain, karena kepercayaan investor pada produk Apple menurun, turunlah juga harga sahamnya dari $702.10 September tahun lalu menjadi $429.79 saat terakhir ditutup Selasa kemarin.

Di sisi lain, Samsung sudah siap bertarung berbekal jagoannya yakni Galaxy S4 yang disebut-sebut sebagai smartphone dengan prosesor tercepat. Jumlah pengiriman handset Samsung secara global telah meningkat ke 25% di 2012 dari 21% di 2011. Sedangkan menurut Strategy Analytic, Apple naik dari 6% ke 8.6%.

Persaingan dunia gadget semakin ketat memaksa pabrikan gadget memutar otak lebih keras untuk bisa bertahan dan terlebih jadi pemenangnya. (LH)

WallStreetJournal

Comment di sini