Arkeolog Italia Temukan “Gerbang Neraka”?

by
April 3rd, 2013 at 9:59 am

CiriCara.com – Sekelompok arkeolog mengaku bahwa mereka telah menemukan Gerbang Neraka (Gates of Hell), yakni mitos pintu gerbang ke neraka atau dunia bawah yang dikuasai oleh Dewa Pluto dan Ratu Kore pada legenda Yunani dan Roma kuno.

Dilansir dari Daily Mail, lokasi pintu gerbang itu terletak di kota kuno Phrygian, Hierapolis, yang sekarang adalah Pamukkale, yakni di sebelah barat daya Turki.

Edan Anton Lefterov

Edan Anton Lefterov

Awalnya, kota kuno tersebut ditemukan pada 190 SM oleh Eumenes II, dan kemudian diambil alih oleh Romawi pada 133 SM. Di bawah pemerintahan Roma-lah, kota tersebut mencapai puncak kejayaannya, sehingga berdiri banyak kuil, gedung teater, dan pemandian air panas.

Pada masa kejayaan itu, ada sebuah kuil kecil dengan dihiasi pilar-pilar tradisional Yunani-Romawi berdiri dekat dengan pintu gua yang diselimuti gas beracun.

Kabarnya, lokasi kota kuno dan gua tersebut sangat cocok dengan deskripsi sejarah yang menyebutnya Gerbang Menuju Neraka, atau yang dikenal sebagai Ploutonion dalam bahasa Yunani-nya.

Francesco D'Andria

Francesco D’Andria

Membenarkan keberadaan gua yang penuh dengan gas beracun itu, salah seorang ahli geografi Yunani kuno, Strabo pernah mengatakan bahwa ruang tersebut penuh dengan uap tebal berkabut hingga permukaan tanah pun tidak terlihat. Dia juga menambahkan bahwa dirinya pernah melepaskan beberapa ekor burung pipit ke dalam gua tersebut, tapi semuanya mati.

Tapi sekarang, tim penelitian yang dipimpin oleh arkeolog Italia, Francesco D’Andria dari Universitas Salento telah meneliti apa yang mereka yakini sebagai reruntuhan dari kuil kuno tersebut.

Dirinya mengaku bahwa dia dan tim penelitiannya berhasil menemukan lokasi bersejarah tersebut dengan membangun kembali rute dari mata air panas.

Dan di antara reruntuhan bangunan tersebut, para arkeolog itu menemukan gua dengan prasasti yang didedikasikan untuk dewa dunia bawah (neraka), Pluto yang dikenal juga sebagai Hades dan Kore (ratu dunia bawah).

Francesco D'Andria

Francesco D’Andria

Francesco juga mengatakan bahwa benar gua tersebut diselimuti dengan gas beracun. Hal tersebut dapat dilihat saat penggalian gua dilakukan, dan mereka menemukan beberapa burung mati terkena asap karbondioksida beracun.

Apakah benar, yang Francesco temukan adalah pintu gerbang menuju neraka seperti yang diceritakan dalam legenda Yunani kuno? Pasalnya, Francesco jugalah yang mengaku telah menemukan kubur Santo Filipus, murid Yesus di Hierapolis pada tahun 2011 lalu.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini