Baju Sabuk Pengaman Unik Asal China

by
April 3rd, 2013 at 10:45 am

CiriCara.comBukan hanya di Indonesia saja yang menggalakkan peraturan penggunaan sabuk pengaman bagi seluruh pengguna mobil, truk, bus, dan lainnya, tetapi di China, peraturan serupa juga semakin diperketat mengingat banyaknya kecelakaan lalu lintas parah yang terjadi.

Salah satu penyebab banyaknya kecelakaan lalu lintas di China ialah karena kebiasaan para pengguna jalan yang tidak memakai sabuk pengaman saat berkendara.

Weird Asia News

Weird Asia News

Oleh karena itu, polisi sangat ketat memberlakukan peraturan tersebut. Sayangnya, warga China pun juga tidak kalah cerdiknya dalam mengelabui peraturan pemerintah dan pengawasan polisi itu.

Maka dibuatlah baju dengan motif tali sabuk pengaman yang membentang diagonal dari pundak ke perut bagian bawah. Jika dilihat-lihat, motif baju tersebut memang sangat mirip dengan orang yang menggunakan sabuk pengaman di dalam kendaraannya.

Baju ini ditujukkan bagi warga yang malas menggunakan sabuk pengaman tapi ingin terhindar dari peraturan dan denda yang diberlakukan jika kedapatan polisi melanggar peraturan tersebut.

Baju seat belt

Mungkin jika baju bermotif sabuk pengaman tersebut dijual di Indonesia, akan sangat laku dipasaran. Di China saja, baju sabuk pengaman tersebut sangat diminati warga. Oleh karenanya, baju tersebut hanya dijual dengan kisaran harga Rp. 53.000,- hingga Rp. 78.000,-

Munculnya baju sabuk pengaman tersebut menjadi angin segar bagi sebagian besar warga China. Mereka berharap bahwa dengan mengenakan baju tersebut mereka dapat terhindar dari membayar denda sebesar Rp. 78.000 jika melanggar peraturan tersebut.

Sementara itu, juru bicara Kepolisian Lalu Lintas, Fengxian Xue mengatakan bahwa mengenakan baju sabuk pengaman itu memang tidak dilarang secara hukum, tapi pihak berwajib tetap mengharapkan kalau warganya tetap mau menggunakan sabuk pengaman saat berkendara dengan kesadaran diri sendiri demi keselamatan diri mereka masing-masing.

Sedangkan Kepolisian Lalu Lintas Heilongjiang mengatakan bahwa tujuan dibuatnya baju tersebut ialah hanya untuk hiburan belaka, jadi tidak ada alasan untuk melarang para warga mengenakannya. Meski demikian, pihak kepolisian tetap menekankan bahwa keselamatan berkendara adalah yang terpenting.

(yk)

Weird Asia News

Comment di sini