CiriCara: Cara Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

by
April 3rd, 2013 at 11:32 am

mencerdaskan anakCiriCara.com – Untuk menjadikan si anak pintar biasanya orangtuanya akan menyekolahkan si anak sejak usianya 5 tahun atau kurang dari 5 tahun. Namun, sekolah dan tempat pendidikan bukanlah satu-satunya cara untuk bisa membuat si anak jadi pintar dan cerdas.

Ada hal lain yang orangtua perlu terapkan pada si anak. Hal lain inilah yang bisa membuat si anak menjadi seseorang yang cerdas dan pintar. Lalu, apa hal-hal lain tersebut? Dilansir Vemale.com, berikut cara mencerdaskan anak sejak usia dini:

1. Memberikan ASI eksklusif

Sejak anak dilahirkan, seorang ibu disarankan untuk memberikan ASI ekslusif untuk anaknya. Ketahuilah bahwa memberikan ASI eksklusif pada anak bisa meningkatkan kecerdasannya. Anda bisa memberikan ASI eksklusif selama 9 bulan untuk anak. Sebuah studi menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif selama 9 bulan mengalami pertumbuhan yang signifikan dan lebih cerdas dari bayi yang hanya mendapatkan ASI satu bulan atau kurang.

2. Penuhi kebutuhan gizi si anak

Sejak kecil, sebaiknya si anak diajarkan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Jangan biarkan si anak terlalu banyak mengonsumsi junk food atau makanan sampah. Mengonsumsi makanan tersebut hanya akan membahayakan kesehatannya saja. Untuk bisa membuatnya cerdas, pastikan si anak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Makanan tersebut bisa didapat dari ikan tuna, salmon, dan cod.

sarapan sehat untuk anak

3. Biasakan si anak untuk sarapan

Kebiasaan kecil ini seringkali diabaikan oleh orangtua. Padahal, membiasakan si anak untuk sarapan bisa meningkatkan memori dan konsentrasi saat belajar. Anak-anak yang tidak biasa sarapan akan cepat lelah dan sulit berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diterimanya.

4. Memperkenalkan musik pada anak

Penelitian dari University of Toronto menunjukkan bahwa memperkenalkan musik pada anak bisa menjadi cara yang tepat untuk melatih kemampuan otak kananya. Selain itu, anak-anak yang bisa bermain musik juga memiliki kemajuan yang pesat dalam IQ dan kemampuan akademik saat si anak beranjak dewasa.

5. Memperkenalkan olahraga

Selain memperkenalkan musik, memperkenalkan olahraga pada anak juga bisa mempengaruhi prestasi akademiknya. Peneliti dari University of Illinois menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kebugaran fisik dengan prestasi akademik anak-anak. Meningkatnya aliran darah dan oksigen ke otak saat berolahraga dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan si anak.

6. Membiaskan anak untuk membaca

Membaca merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak-anak. Menurut pakar pendidikan dari Amerika Serikat, Paul C. Bruns, Betty D. dan Elinor P. Ross, ada 8 aspek yang bekerja saat anak-anak terbiasa membaca. Aspek tersebut meliputi, sensori, persepsi, sekuensial, pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, dan afeksi. Semua aspek tersebut merupakan faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan si anak.

Itulah cara mencerdaskan anak sejak usia dini. Keenam hal tersebut sebaiknya jangan disepelekan. Terapkan pada anak agar bisa membuatnya cerdas dan meningkatkan kemampuan otaknya. (NR)