CiriCara: Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala

by
April 3rd, 2013 at 3:51 pm

sakit kepalaCiriCara.com – Seseorang bisa kapan saja mengalami sakit kepala atau migrain. Saat sedang bekerja atau menjalani aktivitas lainnya, tiba-tiba kepala terasa sakit sehingga membuat Anda berhenti untuk beraktivitas.

Namun, sakit kepala yang dialami jangan dibiarkan begitu saja. Anda perlu mengatasinya dengan segera. Tak  perlu meminum satu atau dua kaplet obat karena ada cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa sakit itu. Apa saja? Berikut cara mudah mengatasi sakit kepala yang dicuplik dari Rd.com:

1. Memijat dahi

Pijat merupakan salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk mengatasi sakit kepala. Untuk itu, jika kepala terasa sakit, maka Anda bisa memijatnya selama 10 – 15 menit. Pijatlah dahi dengan menggunakan ibu jari hingga Anda merasakan sakit itu berkurang atau hilang.

2.  Menarik napas dalam-dalam

meminum kopi

Saat sedang pusing, cobalah menarik napas dalam-dalam secara perlahan dengan mata tertutup. Menarik napas dalam-dalam pada saat pusing bisa membuat Anda jadi lebih rileks serta memerangi ketegangan. Ketahuilah bahwa ketegangan merupakan penyebab seseorang mengalami migrain.

3. Mencium aromaterapi

Wangi aromaterapi bisa meringankan sakit kepala karena tegang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aromaterapi mungkin hanya befungsi bagi orang yang menyukai bau tertentu. Namun, cara ini bisa Anda coba jika sedang sakit kepala.

4. Meminum kopi

Kopi bukan hanya bisa membuat seseorang merasa bahagia, tapi bisa menjadi pereda sakit kepala. Kafein bisa bisa mengusir sakit kepala yang dialami seseorang, terutama migrain. Namun jangan berlebihan mengonsumsinya karena bisa membuat sakit kepala kambuh kembali. Anda hanya diperbolehkan meminum kopi 2 atau 3 cangkir dalam sehari.

5. Menggunakan es batu

Es bisa membuat mati rasa di daerah yang sakit serta bisa mengurangi rasa sakit kepala yang Anda alami. Untuk itu, coba ambil satu kantong es batu lalu diletakkan di kepala, bahu, dan leher. Dengan begitu, sakit atau nyeri yang dirasa bisa hilang dengan cepat.

Itulah cara mudah mengatasi migrain. Jika sakit kepala, maka jangan langsung meminum obat. Alangkah baiknya menggunakan cara mudah dan alami itu dahulu. Dengan menggunakan cara tersebut, tentunya nyeri atau sakit kepala yang dirasa akan hilang dan Anda bisa kembali melanjutkan aktivitas. (NR)

Comment di sini