CiriCara: Cara Tepat Mengelola Uang

by
April 3rd, 2013 at 3:01 pm

mengelola uangCiriCara.com – Mengelola uang tidak semudah seperti yang Anda pikirkan. Untuk itu, Anda disarankan untuk bisa mengelolanya dengan cara yang tepat. Jika tidak dikelola dengan tepat, maka uang itu tentunya akan habis begitu saja. Dengan begitu pada hari tua nanti Anda akan kesulitan membiayai hidup. Maukah hal tersebut terjadi pada Anda?

Penghasilan sebulan sedikitnya perlu ditabung untuk kehidupan di masa depan. Selain itu, hindari untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak begitu diperlukan atau tidak termasuk dalam daftar pengeluaran perbulannya. Anda harus bisa menyisihkan uang demi kehidupan di masa depan.

Lalu, bagaimana cara mengelola uang dengan tepat? Berikut cara tepat mengelola uang:

1. Menghitung utang

Anda perlu membuat rincian biaya apa yang perlu dibayar setiap bulannya. Misalnya, membayar cicilan kendaraan, rumah, kartu kredit, serta pinjaman lainnya. Jangan anggap remeh utang dengan nilai kecil karena jika dijumlahkan bisa menjadi sangat besar. Menghitung utang beserta jumlah uang yang harus Anda bayarkan merupakan cara agar uang yang dimiliki tidak habis begitu saja.

hemat menggunakan uang

2. Mencatat pengeluaran

Selain menghitung utang yang harus dibayarkan setiap bulannya, Anda juga perlu mencatat pengeluaran. Misalnya, kebutuhan bulanan, listrik, air, biaya anak sekolah, pulsa, tagihan telepon, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mencatat pengeluaran bersenang-senang bersama kerabat pada akhir pekan.

3. Menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan

Anda disarankan untuk membuat daftar kebutuhan lengkap setiap bulannya, termasuk biaya tak terduga. Gunakan uang yang dimiliki itu sesuai dengan perencanaan. Jangan tergiur pada diskon atau promo jika Anda sedang jalan-jalan di sebuah pasar swalayan atau mal.

4. Jangan lupa menabung

Menabung itu sangat penting demi kebaikan di masa tua. Sisihkan beberapa peser uang Anda untuk ditabung di bank atau celengan. Selain itu, Anda juga bisa bergabung untuk mengikuti arisan atau perusahaan asuransi. Kedua hal tersebut juga bisa menjamin kehidupan di masa tua nanti.

Itulah cara tepat mengelola uang. Anda perlu ingat bahwa roda itu pasti berputar. Hari ini mungkin Anda bergelimang harta dan bisa saja besok jatuh miskin. Untuk itu, pintar-pintarlah mengelola keuangan Anda demi kepentingan diri sendiri. (NR)