Gambar Lucu: Potret PNS di Indonesia

by
April 3rd, 2013 at 3:23 pm

CiriCara.com - Di Indonesia, profesi pegawai negeri mendapat reputasi yang kurang bagus di kalangan umum. Profesi ini identik dengan kerja santai, birokrasi yang kompleks, tak ada aturan ketat, dan jumlah gaji yang tak bisa dibilang sedikit.

Namun anehnya, setiap ada informasi pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil atau CPNS, masyarakat berbondong-bondong mendaftarkan diri. Sepertinya stigma pegawai negeri=pekerjaan yang buruk berbanding lurus dengan anggapan pegawai negeri=pekerjaan impian.

Kebanyakan pendaftar CPNS tergiur jumlah nominal gaji plus tunjangan yang bakal diterima per bulan. Belum lagi jika ada “sabetan-sabetan” yang bisa didapat dari kunjungan dinas atau rapat-rapat tertentu yang tentunya memerlukan perincian biaya.

Cap negatif yang menempel di profesi pegawai negeri memang susah hilang. Di lapangan, cap ini mendapatkan sokongan. Masyarakat tak jarang melihat pegawai negeri yang keluyuran saat jam kerja. Kelurahan yang seharusnya buka jam 08.00 pagi ternyata masih sepi saat didatangi jam 09.00 pagi.

Meskipun ada pula pegawai-pegawai negeri yang benar-benar mengabdi, sepertinya jumlah mereka tak cukup banyak untuk menambal lubang yang diciptakan para pegawai negeri nakal. Ilustrasi pegawai negeri itu ada di gambar di bawah ini:

CiriCara-Infografis-Kerjaan-Gue-Sebagai-Pegawai-Negeri-1


Tidak semua pegawai negeri berperilaku seperti yang ditampilkan pada ilustrasi di atas. Omong-omong, tahun ini moratorium penerimaan CPNS sudah dibuka dan kabarnya, ada sekitar 60.000 lowongan CPNS yang akan dibuka bulan Juli tahun 2013.

(hp)

Comment di sini