Rhoma Irama Juga Tolak RUU Santet

by
April 3rd, 2013 at 10:12 am

Jakarta (CiriCara.com) – Salah satu pasal kontroversi yang sedang dibahas saat ini adalah Pasal Santet yang rencananya akan dimasukan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) KUHP terbaru.

Harian Jogja

Harian Jogja

Seperti diberitakan oleh SuaraMerdeka.com, pasal ini memang menyulut pro dan kontra dari berbagai pihak.

Salah satu tokoh masyarakat yang ikut angkat bicara tentang rencana penetapan pasal ini adalah Rhoma Irama, Raja Dangdut yang akan mencalonkan diri sebagai Presiden Indonesia pada 2014 mendatang.

Rhoma Irama tidak setuju jika persoalan santet dimasukkan dalam undang-undang meski telah dilarang oleh agama. Ayah dari Ridho Rhoma itu mengatakan bahwa akan banyak persepsi bermunculan jika persoalan santet dimasukkan dalam perundang-undangan.

“Yang diutarakan oleh anggota dewan, itu betul. Tapi banyak yang multipersepsi nanti pasti. Karena akan terbentur masalah pembuktian. Santet enggak bisa dibuktikan,” kata Rhoma Irama kepada Tribunnews.com.

Rhoma juga khawatir bila nantinya, pasal yang mengatur perdukunan dan santet tersebut malah digunakan untuk menjerat orang-orang yang tak bersalah dan tidak untuk melindungi masyarakat secara umum.

Pendapat yang sama juga diutarakan oleh Budi Darmono selaku Pengamat Hukum dari Universitas Indonesia. Menurut Budi, Pasal Santet akan sulit dibuktikan secara ilmiah. Fakta ini telah dihadapi oleh beberapa negara lain yang pernah menerapkan pasal berbau klenik tersebut.

Menurut Budi, jika pasal santet dibuat untuk membuktikan seseorang telah menipu atau tidak, sudah ada pasal sendiri yang mengaturnya.

“Kalau penipuan, sudah ada pasal sendiri,” jelas Budi kepada sumber yang sama.

Budi menduga bahwa Pasal Santet tersebut mendadak menjadi pembahasan umum demi kepentingan politik menjelang Pemilihan Umum 2014. Apabila Pasal Santet tetap dipaksakan pada masyarakat Indonesia, maka pasal tersebut berpotensi akan disalahgunakan oleh para hakim yang ingin bertindak sewenang-wenang. (RN)

Comment di sini