Cerita Si Bule Belanda yang Ditilang Polisi Bali

by
April 4th, 2013 at 2:07 pm

Denpasar (CiriCara.com) – Video tentang turis asal Belanda yang ditilang oleh polisi Bali dan diajak damai dengan cara membayar uang Rp. 200.000 ramai disiarkan di YouTube.

Sindikasi

Sindikasi

Turis yang ditilang oleh polisi itu ternyata bekerja sebagai seorang reporter bagi sebuah stasiun televisi swasta di Belanda.

Wisatawan asing dengan nama Kees van Der Spek tersebut membuat dokumentasi tentang tingkah laku polisi Indonesia di Bali

Selain mendokumentasikan ‘wajah asli’ polisi saat menilang, Kees juga mendokumentasikan kecurangan kasir money changer di Bali. Dengan dua bukti tersebut, maka terungkaplah sisi lain pariwisata di Pulau Dewata  itu terutama bagi turis mancanegara.

Seperti diberitakan oleh Merdeka.com, sang pembuat video dokumentasi tentang ulah oknum polisi lalu lintas dan kasir itu akhirnya mau buka suara.

Kees, yang merupakan jurnalis televisi dari stasiun SBS6 merangkap sebagai pembawa acara serial dengan judul Oplichters in het Buitenland. Serial dokumentasi tersebut bercerita tentang pengalaman para turis asal Belanda yang bepergian ke berbagai negara dan menjadi korban kejahatan di tempatnya melancong.

Kees sendirilah yang melakukan perjalanan untuk mencari informasi tentang turis-turis Belanda tersebut. Lalu, bagaimana pendapatnya setelah diperlakukan kurang pantas oleh oknum kepolisian dan petugas kasir money changer?ciricara.com-polisi tilang turis di bali

Berdasarkan hasil wawancara dengan sumber, Merdeka.com, Kees tidak memberi tahu lokasi kejadian termasuk nama jalan dan tempat ia ditilang oleh sang polisi.

Namun Kees memastikan bahwa video dokumentasi tersebut dibuat pada bulan November 2012 saat ia pertama kali datang ke Pulau Dewata itu.

Selain ditilang oleh Polisi Lalu Lintas, Kees juga ‘diperas’ oleh kasir tempat penukaran mata uang asing di sana. Meski tidak mengetahui nama kedua pelaku, namun di dalam video terlihat jelas wajah keduanya karena video tidak mengalami proses penyensoran.

Kees juga mengatakan bahwa ia tidak tahu bila akhirnya videonya itu diunggah ke YouTube. Tetapi ia maklum bila video dokumentasi yang dibuatnya akhirnya bisa masuk ke dalam situs tersebut

“Saya tidak tahu. Tapi saya tidak masalah. Ini era modern dan banyak orang bisa mengunggah apapun yang mereka inginkan,” kata Kees.

Walau sempat mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dari petugas kepolisian dan kasir money changer namun  Kees mengaku tidak jera dan takut untuk datang ke Bali, karena baginya, Bali adalah pulau yang sangat indah dan tempat wisata yang memukau. (RN)

Comment di sini